BKPSDM Maros Gelar Uji Kompetensi Pejabat Administrator

Bupati Maros Chaidir Syam saat memantau pelaksanaan uji kompetensi, Ist

Marosnews.com – Pemkab Maros menggelar uji kompetensi/pemetaan pejabat administrator (Eselon III), pengawas (Eselon IV) dan pelaksana (staff) lingkup pemerintah kabupaten Maros tahun 2021.

Uji kompetensi digelar di SMPN 2 Maros, Senin (2/8/2021) dan dibuka langsung oleh Bupati Maros, H.A.S Chaidir Syam.

Dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan penularan covid-19, BKPSDM bekerjasama dengan Kanreg IV BKN Makassar menggelar kegiatan penilaian potensi dan kompetensi pejabat administrator, pengawas dan pelaksana lingkup pemerintah Kabupaten Maros.

Read More

Baca juga : Tingkatkan SDM ASN, BKPSDM Maros Teken MoU Bersama Umma

Bupati Maros Chaidir Syam mengungkap rasa terimakasih kepada BKPSDM yang telah berupaya menyelenggarakan kegiatan penilaian potensi dan kompetensi ini. Kegiatan ini menurut Chaidir menjadi sumber informasi yang objektif mengenai karakter, keahlian, dan kemampuan pejabat eselon III, eselon IV, dan pelaksana.

“Kedepannya, ini akan dijadikan sebagai pertimbangan dalam pemetaan pejabat struktural. Selain itu, ini juga akan dijadikan sebagai evaluasi dalam meningkatkan kompetensi dari masing-masing pejabat,” jelas Chaidir.

Kepala Bidang Pengembangan dan Pengawasan Kepegawaian (PDSK) Kanreg IV BKN, Abdul Rajab mengungkap peserta agar peserta dapat rileks mengerjakan soal-soal yang ada.

“Bapak ibu peserta tidak usah tegang, soal yang ada tidak jauh dari simulasi peristiwa atau aktivitas sehari-hari. Prinsip soalnya tidak ada salah benar, tetapi options yang dipilih akan menjadi cerminan sikap akan situasi yang seringkali dialami,” jelas Abdul Rajab.

Baca juga : 1.122 Pelamar CPNS dan PPPK Gagal Seleksi Administrasi di Maros, ini Penyebabnya

Dirinya meminta untuk para peserta tidak saling bekerjasama dalam mengerjakan soal. Menurutnya, soal yang ada akan menjadi potret kepribadian ASN, maka harus dijawab sesuai dengan aktivitas pribadi masing-masing.

“Silahkan dijawab dan tidak boleh melirik jawaban peserta yang lain, cukup dijawab sesuai dengan sikap bapak ibu sehari-hari,” lanjut Abdul Rajab.

Total peserta sesuai data yang dilaporkan Kepala Badan Kepegawaian, Pengembangan dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Suriana Bohari dalam kegiatan ini sebanyak 864 orang.

“Peserta yang berasal dari pejabat administrator sebanyak 146 orang, pejabat pengawas sebanyak 552 orang, dan pejabat pelaksana sebanyak 166 orang,” jelas Suriana.

Dirinya menjelaskan, kegiatan yang dibuka langsung oleh Bupati Maros HAS Chaidir Syam ini akan berlangsung selama lima hari yakni tanggal 2-6 Agustus 2021. Dalam proses penilaian akan dinilai oleh tim penilai sebanyak 10 orang dari Kanreg IV BKN Makassar.

Usai pelaksanaan pembukaan di salah satu ruang rapat SMPN 2 Maros, selanjutnya peserta diarahkan ke lab komputer untuk mulai mengerjakan uji potensi dan kompetensi. (ED)