BPNT Tahap II Mulai Disalurkan, Bupati Maros Minta Warga Gunakan Bantuan Dengan Bijak

Bupati Maros H.A.S. Chaidir Syam salami warga penerima bantuan saat memantau penyaluran BPNT di Kantor Camat Lau

Lau, Marosnews.com – Penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) tahap II Tahun 2022 di Kabupaten Maros digelar di Kantor Kecamatan Lau, Rabu (13/4/2022). Penyaluran bantuan turut dipantau langsung Bupati Maros H.A.S. Chaidir Syam.

Penyaluran BNPT ini langsung diserbu warga. Ribuan warga memadati Kantor Camat Lau untuk melakukan pencairan. Warga terlihat antusias dengan pencairan BPNT dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) minyak goreng melalui program pemerintah yang totalnya Rp500 ribu.

Bupati Maros Chaidir Syam mengatakan, untuk Kabupaten Maros, warga yang mendapatkan BPNT sebanyak 25.900 orang, tersebar di 14 kecamatan.

Read More

“Hari ini (Rabu 13 April 2022), kita mulai menyalurkan BPNT dari Kementerian Sosial untuk membantu warga kurang mampu yang masuk dalam daftar Dinas Sosial. Hari ini kita menyaksikan penyerahan BPNT secara simbolis bagi warga di Kecamatan Lau. Khusus di Lau ini ada sekitar 2.271 penerima,” ujarnya.

Chaidir Syam mengungkapkan, untuk Kabupaten Maros, Pemerintah Pusat menggelentorkan anggaran BNPT sembako sekitar Rp 12 miliar. Anggaran ini diperuntukkan bagi 25.900 warga Maros yang terdata di Dinas Sosial sebagai penerima BLT.

“Kalau di Maros itu total penerima sekitar 25.900 orang. Total anggaran yang digelontorkan pusat sekitar Rp 12 miliar. Setiap warga menerima Rp500 ribu,” bebernya.

Nominal bantuan Rp 500 ribu tersebut kata Chaidir Syam merupakan penggabungan BPNT dan BLT minyak goreng. Rinciannya Rp200 ribu untuk pangan, dan Rp 300 ribu untuk bantuan minyak goreng.

Bupati Chaidir Syam mengimbau masyarakat agar memanfaatkan bantuan tersebut dengan bijak, dan tidak menggunakan bantuan untuk berfoya-foya. “Saya minta agar bantuan jangan digunakan untuk foya-foya, apalagi digunakan beli baju baru dan hal-hal yang tidak bermanfaat lainnya. Gunakanlah sesuai peruntukannya,” imbaunya.