Turikale, Marosnews.com – Upacara peringatan Hari Kesadaran Nasional (HKN) Tingkat Kabupaten Maros digelar di Lapangan Pallantikang, Kecamatan Turikale, Senin (19/6/2023).

Berbagai rangkaian kegiatan digelar di momen peringatan HKN 2023 ini, diantaranya penyerahan penghargaan Kalpataru secara simbolis dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI, yang diserahkan Bupati Maros Chaidir Syam kepada aktivis lingkungan Kabupaten Maros Muhammad Ikhwan atau Iwan Dento.

Bupati juga menyerahkan piagam penghargaan dari Menteri Pertanian RI kepada Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan Kabupaten Maros, Muhammad Idris.

Selain itu juga dilakukan penyerahan SK pensiun dan Tabungan Hari Tua (THT) kepada 14 orang ASN yang telah memasuki usia pensiun, diantaranya Husair Tompo (Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana), Sarafiah (Guru), Abdul Rahim (Analis Kebijakan Ahli Muda), ST. Maimunah (Guru), Nimmiyati (Guru).

Rustan (Guru), Maria Florensiana Yosebel (Guru), Nurjannah (Guru), Baharuddin (Penilik Madya), Jumila Azis (Penata Penerbitan Almiah Ahli Muda), Parey (Pengelola Limbah) dan Andi Nurlaelah Musradhy Paki (Kasi Pemerintahan Kelurahan Alliritengae Kecamatan Turikale).

Dalam kesempatan ini, Bupati juga melepas atlet Kejurda Pelajar Maros yang akan berlaga di Makassar. Pelepasan atlet ditandai penyerahan bendera kontingan dari Bupati Maros Chaidir Syam kepada Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Maros Muh Fardiansyah.

Atlet Kejurda Pelajar Maros berjumlah total 63 orang, terdiri dari 42 orang atlet, 7 pelatih dan 14 official. Kontingen Maros ini akan mengikuti Cabarang Olahraga (Cabor) Karate, Taekwondo, Bola Basket, Sepak Takraw, Panahan, Panjat Tebing dan Atletik.(***)