Crew LPPL Radio Maros FM Lakukan In House Training Radio Jurnalism

Crew Radio Maros FM saat mengikuti training, Ist

Turikale, Marosnews.com – LPPL Radio Maros FM terus berbenah dalam menyajikan siaran – siaran yang berkualitas kepada para pendengarnya, untuk itu Crew Radio Maros FM melakukan Training In House tentang Radio Journalism oleh Tim Redaktur Pelaksana Berita Indonesia Live Training (Redpel BILlive) melalui link zoom.

In House Training Radio Journalism  yang diikuti Crew LPPL Radio Maros FM ini dilaksanakan di ruang Meeting Dinas Kominfo selama dua hari, Rabu dan Kamis (13 – 14/7/2021), Jalannya kegiatan juga diikuti oleh Dewan Pengarah INDONESIAPERSADA.ID, Ir. Eddy Santoso, MM.

Eddy Santoso mengatakan“LPPL di daerah harus menjadi lumbung informasi yang terpercaya di daerah, harus menyajikan informasi terpercaya dan mampu membangkitkan optimisme di daerah . Untuk bisa mewujudkan hal tersebut, penyiar dan reporter di LPPL tentunya harus dibekali dengan wawasan dan pengetahuan tentang bagaimana menyajikan informasi atau berita di radio yang bukan hanya menarik tetapi juga bisa dipercaya oleh pendengar.

Read More

Baca juga : Mutasi Perwira, Polres Maros Minta Pejabat Baru Menyesuaikan Diri

Bupati Maros AS. Caidir Syam yang hadir memantau langsung Training Radio Journalism, mengatakan sangat berterimakasih kepada Tim Redaktur Pelaksana Berita Indonesia Live Training (Redpel BILive) atas terlaksananya Training ini dan mendukung penuh Radio Maros FM sebagai corong pemerintah untuk terus menyajikan informasi berkualitas kepada Masyarakat.

” Saya sangat mendukung Training Radio Journalism yang dilaksanakan oleh Tim,” ungkapnya.

Sementara itu Direktur LPPL Radio Maros FM, Ady, mengakui materi pelatihan sangat bermanfaat untuk menyegarkan kembali pemahaman para crew tentang konten siaran dan berita yang baik.

“Selama ini kami belajar sendiri tentang konten siaran berita atau informasi itu secara otodidak dari internet. In House Training Radio Journalism ini tentu sangat bermanfaat memberikan pengetahuan baru bagi kami untuk lebih meningkatkan kualitas konten siaran dan pemberitaan di LPPL Radio Maros FM,” terang Ady.

Baca juga : Desa Damai Kecamatan Tanralili Juara Umum Lomba PKK Maros

Lebih lanjut Ady mengatakan, dari materi In House Training ini akan dijadikan dasar untuk mengembangkan dan melengkapi program siaran di LPPL Radio Maros FM. Terutama agar konten siaran dan berita yang disajikan bisa menyentuh kebutuhan masyarakat Kabupaten Maros. Buka hanya konten siaran yang bersumber dari Dinas dan Badan, tapi juga di kawasan kecamatan dan pedesaan sehingga LPPL Radio Maros FM bisa dekat dengan masyarakat atau pendengarnya.

Ada tiga materi yang disampaikan, pertama tentang Perencanaan Liputan oleh Redpel BILive yang sehari – hari sebagai Direktur LPPL Radio Sasaraina FM Kepulauan Mentawai Sumatera Barat, Rahadya Suroso. Materi kedua tentang Penulisan Berita Radio oleh Anggoro Ananto Puspo, Redpel BILive yang sehari – hari bertugas sebagai Manager Pemberitaan LPPL Radio Dimensi Baru FM Lampung Selatan Lampung dan baru purna sebagai reporter senior RRI.

Materi ketiga mengupas tentang Teknik Penyampaian Berita Radio (News Presenting) oleh Aan Kasianto, Redpel BILive yang memiliki pengalaman berkali – kali menyabet penghargaan sebagai Reporter Terbaik versi RRI Semarang.

supervise materi  dikawal oleh Pimred BILive yang juga Wasekjen 1 INDONESIAPERSADA. ID, Rita Zoelk.