Cristiano Ronaldo Torehkan Sejarah, Kini Menjadi Pesepakbola Dengan Gol Terbanyak di Planet Bumi

Cristiano Ronaldo, int

Marosnews.com, Sport – Cristiano Ronaldo mencatatkan namanya sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa di pentas internasional dengan 111 gol untuk timnas Portugal.

Terohan itu dicatatkan Ronaldo  kala mengemas brace atau dua gol bagi  Portugal dalam lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2022 melawan Republik Irlandia, Kamis (2/9/2021) dini hari WIB.

Ronaldo menunjukkan insting mencetak golnya saat ia mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-89 untuk menyamakan kedudukan menjadi 1-1 di Estadio Algarve, dan itu membuatnya masuk buku sejarah.

Read More

Baca juga : Ronaldo dan Messi Dalam Jajaran Pencetak Gol Terbanyak Sepanjang Sejarah, Berpotensi Lampaui Rekor Josef Bican

Dia kemudian mengemas gol tambahan di masa injury time babak kedua, sekaligus mengunci kemenangan 2-1 bagi Portugal.

Pemain berusia 36 tahun itu kini telah mencetak 111 gol bersama negaranya, menjadi pesepakbola pria paling produktif di pentas internasional.

Gol Bersejarah

Momen besar Ronaldo itu terjadi pada menit ke-89, dengan bintang Portugal itu sebelumnya menyia-nyiakan peluang di awal pertandingan.

Pemain yang baru kembali ke Manchester United itu memiliki kesempatan untuk mengukir rekor dari titik penalti di babak pertama, tetapi digagalkan oleh kiper berusia 19 tahun Gavin Bazunu.

Akan tetapi, momen pentingnya tidak bisa dibendung setelah itu, sebagaimana Ronaldo mencetak gol sundulan memanfaatkan assist Goncalo Guedes pada menit ke-89.

Lalu di menit keenam perpanjangan waktu, Ronaldo menjaringkan gol kemenangan Portugal dengan sundulan lainnya.

Jadi Nomor Satu

Ronaldo menyamai rekor 109 gol internasional milik Ali Daei setelah mencetak brace dalam hasil imbang 2-2 Portugal melawan Prancis di babak grup Euro 2020 pada awal musim panas ini, dan sekarang ia telah melampaui torehan legenda Iran tersebut.

Sang superstar kini unggul dua gol dari Miroslav Klose sebagai pemain dengan catatan gol tertinggi di kompetisi Piala Eropa dan Piala Dunia (21) setelah mengemas brace kala brace di kualifikasi Piala Dunia 2022 kala Portugal bersua Irlandia.

Ronaldo mencatatkan golnya yang ke-110 dan ke-111 dalam penampilannya yang ke-180 untuk Portugal.

Ronaldo juga merupakan pencetak gol terbanyak dalam sejarah Euro dengan koleksi 14 gol, dan dia adalah satu-satunya pemain yang pernah bermain dan mencetak gol dalam lima penampilan berturut-turut di turnamen akbar Eropa itu.

Rekor Ronaldo Keseluruhan

Ketajaman Ronaldo di sepertiga akhir lapangan bersama Portugal turut memperkuat posisinya sebagai salah satu pemain terhebat di generasinya.

Pemenang Ballon d’Or lima kali itu juga telah memenangkan dua trofi bersama negaranya, termasuk Euro 2016, namun prestasinya di level klub bisa dibilang lebih impresif.

Ronaldo berhasil mencetak 674 gol dalam 894 pertandingan di Sporting CP, Manchester United, Real Madrid dan Juventus, dan belum menunjukkan tanda-tanda melambat meski akan menginjak usia 37 pada Februari tahun depan.

Striker Portugal itu juga berhasil mengangkat 30 trofi di level klub, termasuk tujuh gelar liga dan lima gelar Liga Champions, dengan dua gelar Suppercoppa Italiana dan Coppa Italia menutup musim terakhirnya di Italia bersama Bianconeri.

Dia baru-baru ini mengejutkan dunia sepakbola dengan menyegel kepulangan ke United, untuk sekaligus mengakhiri tiga tahunnya di Juve. Ia diharapkan mampu bersinar sekali lagi di Old Trafford selama dua tahun kontraknya hingga Juni 2023 mendatang.