Turikale, Marosnews.com – Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Maros, menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Website, SIK (Sistem Informasi Keanggotaan) PGRI, Canva For Education, di Gedung Baruga A Kantor Bupati Maros, Kecamatan Turikale, Selasa (22/08/2023). Kegiatan ini dibuka Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Maros, Andi Pattiroi.

Dalam sambutannya, Andi Pattiroi yang juga merupakan Ketua PGRI Maros menyampaikan terima kasihnya kepada pengurus PGRI Maros yang telah memprogramkan pelaksanan bimtek. Dia berharap hasil dari kegiatan bimtek ini diimplementasikan di wilayah masing-masing anggota PGRI Maros.

Menyoal penggunaan SIK di PGRI Maros, Pattiroi menyebut sebenarnya sudah digunakan, namun dia mengungkapkan masih ada yang belum memahami hal tersebut. “Sebetulnya bahwa SIK ini sudah digunakan untuk kegiatan penerbitan keanggotaan, tapi masih ada teman-teman dari kecamatan yang belum paham penggunaan aplikasi,” katanya.

Dalam kesempatan ini, Pattiroi juga menyinggung soal dana hibah yang didapatkan PGRI Maros dari Pemerintah Daerah (Pemda) yang secara khusus diperuntukkan untuk pelaksanaan bimtek.

“Kebetulan ada dana dari pemda Rp 100 juta diperuntukkan untuk bimtek, bimtek pengembangan diri berkelanjutan bagi anggota PGRI,” ujarnya.

Dijelaskan Pattiroi, dana hibah Rp 100 juta itu naik 100 persen dibandingkan hibah tahun 2021 yang hanya Rp 50 juta. “Jadi kita terus mencari jalan untuk penambahan dana hibah, termasuk mengusulkan di perubahan, tapi di perubahan tidak ada celah yang bisa dimasuki. Juga diusahakan bagaimana agar setiap tahun bisa dapat hibah, tapi sangat kecil peluanganya, karena yang menentukan bukan pemda atau bupati, yang menentukan pemerintah pusat yaitu kemendagri,” jelasnya.

“Kalau pun tidak bisa lolos dapat dapat hibah per tahun, setidaknya diusahakan bisa ditambah lagi 100 persen di tahun 2025,” tambahnya.