Deteksi Dini Kanker Payudara, PKK Maros Gelar Pemeriksaan IVA

Turikale, Marosnews.com – Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Maros bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) Maros, BKKBN dan Baznas menggelar kegiatan pemeriksaan Infeksi Visual Asam Asetat (IVA) Test, ClinicalL Breast Examination (CBE) dan SADANIS, di klinik Kantor Bupati Maros, Rabu (23/6/2021).

Pemeriksaan tersebut dilakukan untuk melakukan deteksi dini guna melindungi wanita dari kanker payudara dan kanker serviks. Program ini sekaligus sebagai upaya mewujudkan Indonesia bebas kanker payudara dan kanker serviks.

Sebagaimna diketahui, kanker ini sendiri menempati urutan tertinggi dalam daftar penyakit kanker yang diderita perempuan Indonesia.

Read More

Baca juga : PKK Maros Raih Penghargaan di Peringatan HKG PKK Sulsel

ASN, masyarakat, pengurus serta anggota TP-PKK se Kabupaten Maros mengikuti pemeriksaan yang disaksikan langsung Ketua TP PKK Maros, Hj.Ulfiah Nur yusuf Chaidir.

Dalam kegiatan ini, Hj.Ulfiah Nur didampingi Ketua Dharma Wanita Persatuan Maros A. Indira Kusuma Davied , Ketua Baznas Maros Said Patombongi dan Sekdis Kesehatan dr.Jonet Novianto.

Ketua PKK Maros Hj Ulfiah Yusuf berharap, dengan kegiatan ini kanker payudara dan kanker serviks bisa lebih cepat dideteksi agar keberhasilan pengobatannya bisa cepat diatasi.

Baca juga : PKK Maros Serahkan PMT Untuk Anak Stunting dan Penderita Gizi Buruk

“Mari kita jadikan momentum untuk melakukan perlindungan khusus bagi kaum perempuan dari penyakit kanker. Kita berharap pelayanan pencegahan, deteksi dini dan pengobatan dengan melibatkan pemerintah daerah, organisasi kemasyarakatan, swasta dan masyarakat, dapat mencegah penyakit kanker ini,” ungkap Ulfiah.

Kegiatan ini merupakan rangkaian Hari Kesatuan Gerak  HKG PKK Yg Ke 49 Tahun Tingkat Kabupaten Maros. (Romi)