Diduga Tercemar, Suhartina Bohari Tinjau Langsung Sungai Galaggara

Wakil Bupati Maros Suhartina Bohari saat meninjau langsung kondisi Sungai Galaggara (Foto : Ist)

Lau, Marosnews.com – Wakil Bupati Maros Suhartina Bohari meninjau langsung kondisi sungai Galaggara di Kecamatan Lau, Kamis (8/9/2022). Kunjungan ini dilakukan setelah menerima laporan warga terkait kondisi sungai yang diduga tercemar.

Sebelumnya, puluhan warga Kelurahan Mattirodeceng, Kecamatan Lau, mengalami gangguan kulit atau gatal-gatal setelah menggunakan air di sungai Galaggara. Kuat dugaan air sungai ini telah tercemar.

Warga mengalami gatal-gatal hingga memutuskan untuk tidak lagi menggunakan air sungai tersebut untuk kebutuhan sehari-hari.

Read More

Suhartina Bohari saat meninjau langsung kondisi sungai mengungkapkan akan memerintahkan Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup kabupaten Maros untuk mengambil sampel air. Hal ini untuk meastikan penyebab utama air sungai tercemar.

“Kami terima keluhan warga yang diserang gatal setelah menggunakan air sungai tersebut. Makanya kami meninjau langsung aliran sungai ini. Saya sudah meminta dinas terkait untuk mengambil sampel airnya untuk mengetahui penyebab pencemaran air sungai ini,” ujarnya.

Lebih lanjut, Wakil Bupati perempuan pertama di Maros itu menjelaskan pencemaran aliran sungai ini bisa saja disebabkan oleh beberapa faktor. Seperti masih kurangnya kesadaran warga untuk tidak membuang sampah di sungai, serta pembuangan jamban yang mengarah ke sungai.