Dinas Perpustakan dan Kearsipan Maros Gelar Sosialisasi Pembudayaan Kegemaran Membaca

Turikale, Marosnews.com – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Maros menggelar “Sosialisasi Pembudayaan Kegemaran Membaca”, Selasa (12/4/2022).

Pelaksanaan sosialisasi digelar di Aula Literasi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Maros. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan minat baca masyarakat.

Turut hadir dalam sosialisasi ini yakni Bunda Literasi Kabupaten Maros yang sekaligus Wakil Bupati Maros, Hj. Suhartina Bohari, Bunda Baca Kabupaten Maros, Ulfiah Nur Yusuf Chaidir, dan Wakil Ketua DPRD Maros, Haeriah Rahman.

Read More

Sejumlah tokoh perempuan juga hadir dalam kegiatan ini, mulai dari Perpustakaan Desa, Guru PAUD, TK/RA, SD/MI, Karang Taruna, Pustakawan Sekolah dan berbagai unsur pengelola taman baca masyarakat.

Kegiatan ini juga diramaikan tokoh organisasi keagamaan, mulai Majelis Ta’lim hingga sayap organisasi keagamaan dari NU dan Muhammadiyah.

Wakil Bupati Suhartina Bohari mengungkapkan, kegiatan literasi jika dilakukan dengan kompak akan menghasilkan kebiasaan yang baik.

Wakil Bupati perempuan pertama di Maros itu berharap melalui sosialisasi tersebut dapat dirumuskan program yang jelas tujuan dan targetnya. Agar target masyarakat Maros gemar membaca di 2024 dapat tercapai

“Lewat sosialisasi pembudayaan kegemaran membaca hari ini, minimal ada satu program yang bisa disepakati. Tentu harus jelas tujuannya, harus ada targetnya. Dengan adanya target ,kita dapat bekerja lebih maksimal,” ungkapnya.

Suhartina menyebutkan, pihaknya sementara berupaya untuk membentuk perpustakaan desa di setiap desa yang ada di Kabupaten Maros.

Kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Suhartina Bohari menyarankan agar terus membenah diri.

“Dinas Perpustakaan ini punya peran besar, semoga bisa lebih dibenahi lagi, seperti penyediaan mobil perpustakaan, kelayakan buku, kerapian dan kebersihannya. Jangan sampai buku yang tersedia sudah tidak relevan lagi, sudah kusut-kusut, sampulnya sudah rusak,” tuturnya.

Tujuan Sosialisasi

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Amiruddin mengungapkan bahwa tujuan sosialisasi adalah melakukan penyeragaman dalam pembinaan dan pengembangan kegemaran membaca masyarakat.

Menurutnya sosialisasi ini memberikan landasan berpikir yang komprehensif, efesien dan efektif.

“Masyarakat perlu diberikan pengetahuan bahwa membaca adalah salah satu kunci penting kemajuan bangsa. Perlu dikawal untuk Maros yang lebih baik dan lebih keren,” ujarnya.