Disparpora Maros Akan Maksimalkan Momentum ADWI 2022, 53 Desa Siap Berkompetisi

Turikale, Marosnews.com – Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Maros akan memaksimalkan momentum Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Tahun 2022.

“Potensi wisata desa di Kabupaten Maros ini sangat berpotensi menjadi desa wisata. Makanya kita akan memaksimalkan betul momentum ADWI tahun ini,” kata Kadisparpora Kabupaten Maros, M Ferdiansyah.

Untuk pelaksanaan ADWI tahun ini, sebanyak 53 Desa di Kabupaten Maros siap mengikuti even Kemenparekraf tersebut.

Read More

“Dari 53 Desa yang bergabung dalam Jejaring Desa Wisata, seluruhnya telah melakukan evaluasi mandiri dan siap untuk berkompetisi pada ADWI 2022 ,” ujar Ferdiansyah.

“Banyaknya desa yang siap berkompetisi di ADWI 2022 menandakan tingginya antusiasme desa-desa yang ingin memajukan desanya di sektor pariwisata,” tambahnya.

Sementara Kepala Bidang Pariwisata Disparpora Maros, Rahmatia menjelaskan, pihaknya telah melakukan fasilitasi secara masif kepada desa-desa yang ingin mengikuti ADWI 2022.

“Dari dibukanya ADWI ini kita langsung membentuk tim kerja, kita turun langsung di 14 Kecamatan, berkolaborasi dengan para Camat dan Kepala Desa untuk mengirimkan perwakilannya dalam pengambilan data serta penginputan,” ungkapnya.

Untuk pelaksanaan ADWI tahun 2022 ini, jumlah desa yang berpartisipasi mengalami peningkatan 100 persen jika dibandingkan  tahun sebelumnya.

Pada pelaksanaan ADWI 2021, jumlah desa di Kabupaten Maros yang ikut berpartisipasi hanya 23 desa saja.