Januari-Juli 2022 Pengadilan Agama Maros Terima 47 Pengajuan Dispensasi Nikah di Bawah Umur

Ilustrasi (Int)

Turikale, Marosnews.com – Dalam 7 bulan terakhir, Januari-Juli 2022, Pengadilan Agama Maros telah menerima 47 pengajuan dispensasi nikah pasangan anak di bawah umur atau sejoli cilik. Kebanyakan permohonan itu diterima karena faktor darurat.

Meski demikian, angka tersebut diklaim pengadilan agama Maros mengalami penurunan jika dibandingkan tahun sebelumnya. “Jika dibandingkan tahun sebelumnya, dispensasi nikah anak di bawah umur mengalami penurunan,” kata Humas Pengadilan Agama Maros, Muh Arief Ridha, Selasa (19/7/2022).

Sekadar perbandingan, periode yang sama tahun lalu, Pengadilan Agama Maros mencatat 119 pengajuan dispensasi nikah anak di bawah umur, dan 88 kasus perkara permohonan pernikahan dini telah dikabulkan.

Dari puluhan perkara itu, sebanyak 37 pengajuan dispensasi nikah akhirnya dikabulkan. Lalu, ada empat perkara yang dicabut dan satu digugurkan.

“Sementara untuk tahun lalu di periode yang sama, dari 119 perkara yang masuk, dikabulkan sebanyak 88 perkara, ditolak dua perkara, dicabut 13 perkara, dan lima perkara digugurkan,” jelasnya.