Kisah Bripka Nurdin, Gadaikan Emas Istri Demi Prakarsai Rumah Bhabinkamtibmas

Bripka Nurdin

Simbang, Marosnews.comRela berkorban demi institusi polri yang dicintainya, emas istri digadaikan demi memprakarsai bedirinya Rumah Kantor Bhabinkamtibmas. Hal ini dilakukan semata-mata demi satu tujuan, yakni mengangkat citra polisi di mata masyarakat.

Pengabdian tanpa pamrih, setidaknya itulah ungkapan yang bisa menggambarkan sosok Bripka Nurdin, personel Bhabinkamtibmas Polres Maros di Desa Tanete, Kecamatan Simbang.

Bripka Nurdin bertugas sebagai Bhabinkamtibmas di Desa Tanete sejak tahun 2014. Sejak saat itu pula, ia mencurahkan segala tenaga dan pikiran untuk berinovasi di tengah-tengah masyarakat.

Read More

Baca juga : Pertama di Sulsel, Rumah Bhabinkamtibmas Dibangun di Maros. Bisa Jadi Tempat Aspirasi Warga

Sebagai personel Bhabinkamtibmas yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, Nurdin bertekad memberikan pengabdian terbaiknya. Dia ingin institusi polri dikenal baik di mata masyarakat. Berbekal keinginan inilah Nurdin lantas berinisiatif membangun Rumah Kantor Bhabinkamtibmas.

Saat merintis pembangunan Rumah Kantor Bhabinkamtibmas merupakan ujian terberat bagi Nurdin. Ia harus mengeluarkan dana pribadi hingga menggadaikan emas istrinya demi mewujudkan keinginannya tersebut.

Bripka Nurdin dan Istri Arni Amriani

“Saat pertama kali merintis pembangunan, saya gunakan dana pribadi, emas istri juga saya gadaikan. Kalau ditotal ada sekitar Rp 20 juta dana pribadi saya gunakan ”, ungkap Nurdin saat ditemui Marosnews.com.

Meski demikian, Nurdin mengaku cukup bangga dengan pengorbanannya itu. Sebab saat pembangunan berjalan, banyak donatur dari luar memberikan bantuan dan dukungannya. Mulai dari tokoh-tokoh masyarakat, Kepala Desa, anggota DPRD Maros hingga anggota DPRD Provinsi.

Baca juga : Warga Makassar Pencuri Sepeda Motor Dibekuk Personel Gabungan Polres Maros, Satu Ditembak

“Syukur alhamdulillah, saat pembangunan berjalan, banyak bantuan donatur yang masuk. Kalau ditotal, anggaran yang digunakan hingga rampung, ada sekitar Rp 67 juta”, terang Nurdin.

Berkat tekad dan usahanya, kini Rumah Kantor Bhabinkamtibmas yang diprakarsai Bripka Nurdin sudah difungsikan. Kantor Bhabinkamtibmas ini merupakan satu-satunya yang ada di Sulsel. Kantor ini diresmikan langsung Kapolres Maros AKBP Musa Tampubolon pada 21 Januari 2021.

Baca juga : Ungkap Kasus Curat Modus Pecah Kaca Mobil, 12 Personel Reskrim Polres Maros Terima Penghargaan

Rumah Kantor Bhabinkamtibmas yang diprakarsai Bripka Nurdin ini berlokasi tepat di Dusun Rumbia, Desa Tanete, Kecamatan Tompobulu. Kantor  ini dibangun di atas tanah hibah milik warga, pembangunannya memakan waktu setahun lebih hingga akhirnya rampung pada awal 2021.

Kini bangunan yang diprakarsai Bripka Nurdin itu difungsikan sebagai posko induk penanganan Covid-19 bagi warga setempat. Bangunan juga difungsikan sebagai tempat pertemuan dan wadah bagi masyarakat dalam menyelesaikan berbagai persoalan yang ada. (BAH)