Pangdam XIV Hasanuddin Bantu Bocah Penderita Antresiana Ani di Maros

Salma dipangku ibunya (Diana)

MAROS – Pangdam XIV Hasanuddin, Mayjen TNI Andi Muhammad, mengunjungi bocah yang mengalami Atresia Ani di Desa Borikamase, Kecamatan Maros Baru, Kabupaten Maros, Rabu (17/2/2022).

Dalam kunjungannya tersebut, Pangdam XIV Hasanuddin melihat langsung kondisi Salma, bocah 4 tahun yang mengalami Atresia Ani.

“Jadi saya berkunjung ke sini setelah mendapatkan informasi dari Babinsa. Setelah melihat langsung kondisinya (Salma), memang dia sangat membutuhkan bantuan,” kata Andi Muhammad.

Read More

Andi Muhammad menjelaskan akan merujuk Salma ke Rumah Sakit Pelamonia Makassar. “Akan dirujuk ke Rumah Sakit Pelamonia, semua biaya gratis, ditanggung sampai semuanya selesai,” jelasnya.

Salma mengalami Atresia Ani, yakni kelainan anus dan perlu mendapatkan penanganan medis. Orang tua Salma sendiri tidak mampu membawa anaknya melakukan operasi ke Rumah Sakit karena keterbatasan biaya.

Salma Pernah Dioperasi

Orang tua Salma menjelaskan sebelumnya anaknya telah menjalani operasi berkat bantuan bidan tiga tahun yang lalu. Namun setelah operasi pertama itu, dia tidak lagi melakukan operasi lanjutan karena keterbatasan biaya.

“Sudah pernah dioperasi sekitar 3 tahun lalu di Rumah Sakit Wahidin pakai BPJS. Tapi setelahnya tidak pernah lagi karena tidak ada biaya,” kata Diana, ibu Salma.

Menanggapi adanya bantuan dari Pangdam XIV Hasanuddin untuk kelanjutan operasi anaknya, Diana mengaku sangat senang.

“Saya sangat senang pak, terimah kasih banyak pak Pangdam,” kata Diana terharu.

Pangdam Akan Buatkan Rumah

Selain membantu biaya pengobatan dan operasi secara gratis, Pangdam XIV Hasanuddin juga akan membangunkan tempat tinggal untuk Salma dan keluarganya.

“Kondisi rumahnya juga tidak layak, di bawah kolong. Ini tidak cocok untuk keluarga yang punya dua balita. Kita akan bikinkan rumah buat pak Mansur dan keluarganya,” ujar Pangdam.

Kehadiran TNI untuk membantu rakyat yang kesulitan kata Pangdam, merupakan instruksi langsung dari Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad).

“Ini Sesuai perintah Kasad. Bahwa TNI wajib mempelopori usaha-usaha untuk membantu rakyat yang kesulitan,” ungkapnya.