Pelantikan Pengurus Pusjilal Hingga Pelepasan STQ Digelar di Masjid Agung Nur Arrahman

Turikale, Marosnews.com – Bupati Maros AS Chaidir Syam melantik Pengurus Pusat Kajian dan Advokasi Halal (Pusjilal) Perwakilan Kabupaten Maros periode 2021-2025, Rabu (2/6/2021).

Pelantikan pengurus digelar di Masjid Agung Nur Arrahman.

Pengurus Pusjilal yang dilantik ini nantinya memiliki peran dalam membantu masyarakat meneguhkan pola hidup halal.

Read More

Selain itu, Pusjilal juga akan berperan mendorong pedagang untuk mengurus dagangannya agar bersertifikat halal. Hal ini guna menjadikan Maros sebagai kabupaten dengan pola hidup halal.

Baca juga : Wujudkan Visi 20 Ribu Peluang Kerja, Pemkab Maros Gelar Job Fair

“Selamat untuk kepengurusan Pusjilal. Memang tugas kita berat namun harus tetap dilaksanakan,” ungkap Chaidir.

Bersamaan dengan kegiatan ini, dirangkaikan juga pelepasan Kontingen Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) yang akan mewakili Kabupaten Maros di Kabupaten Sidrap. Dari 300 orang yang mengikuti seleksi tersisa 20 orang kafilah yang akan mewakili Maros dalam ajang STQ XXXII tingkat Provinsi Sulsel.

Mengingat pandemi Covid-19 yang masih menghantui, panitia STQ mewajibkan untuk para peserta tetap matuhi protokol kesehatan serta melakukan swab. Dengan anjuran ini, keseluruhan kafilah yang akan diberangkatkan menuju Sidrap telah melakukan Swab.

Baca juga : Suhartina Bohari Serahkan Bantuan Alat Tangkap Kepiting di Bontoa

STQ tingkat Provinsi Sulsel telah menjadi agenda tahunan. Kafilah Kabupaten Maros ditahun-tahun sebelumnya selalu masuk dalam urutan lima besar.

Bupati Maros, HAS Chaidir Syam mengingatkan kepada kafilah untuk tetap menjaga kesehatan.

“Tetap jaga kesehatan, memang penting untuk mengejar juara tapi memperhatikan kondisi untuk tatap prima jauh lebih penting,” jelas Chaidir.

Sejalan dengan hal ini, Ketua Baznas Maros Andi Said Patombongi juga memberikan semangat kepada para kafilah yang akan mewakili Maros.

“Siapa saja yang berhasil menjuarai lomba, kami dari Baznas akan memberikan reward. Rewardnya, nanti diberikan langsung setelah STQ berakhir dan para perwakilan kembali ke Maros,” ungkap Andi Said.

Kegiatan ini ditutup dengan kegiatan peresmian kuliner halal mesjid agung nur Arrahman Maros. Yang ditandai dengan pemotongan pita oleh Bupati Maros, HAS Chaidir Syam.

Kantin yang menyajikan kuliner halal ini terletak tepat disebelah Selatan Mesjid Agung Nur Arrahman Kabupaten Maros. Di sana diramaikan dengan adanya Warkop Berkah Maros yang bisa dijadikan tempat singgah. Bukan hanya itu disana juga ada Warkop Sehati Masjid Agung Maros yang menggratiskan chekup kesehatan juga kuliner Soto Ayang Berkah Maros dan Coto Agung Maros.

Peresmian kantin halal di Masjid Agung Maros ini diharap manjadi langkah awal agar mendorong tempat-tampat kuliner lainnya menyajikan dagangan halal.