Presiden Serahkan 16 Ribu Hektar SK Hutsos dan TORA Untuk Masyarakat Maros, Bone dan Enrekang

Plt Gubernur Sulsel dan jajaran saat menerima SK secara virtual dari Presiden Jokowi (foto : istimewa)

MAKASSAR – Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) menjadi salah satu daerah yang menerima Surat Keputusan (SK) Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan terkait Hutan Sosial (SK Hijau) dan SK Tanah Obyek Reforma Agraria atau TORA (SK Biru) untuk tahun 2022.

Penyerahan SK dilakukan oleh Presiden Joko Widodo secara virtual dari Provinsi Sumatera Utara, Kamis (3/2/2022). Selain Sulsel, 18 provinsi lainnya di Indonesia juga menerima SK serupa dari Presiden Joko Widodo.

Di Sulsel, untuk Hutan Sosial terdapat 32 SK dengan luas 14.588,18 hektar yang diperuntukkan untuk 2.681 kk bagi masyarakat Kabupaten Maros dan Bone.

Read More

Sementara SK Tanah Obyek Reforma Agraria atau TORA untuk dua kelompok dengan luas 2.253 hektar, kelompok penerima sebanyak 2.227 kk untuk Kabupaten Maros dan Enrekang.

Dalam sambutannya, Presiden Joko Widodo mengimbau kepada masyarakat yang menerima SK agar memanfaatkan lahan yang ada. “Segera tanami. Betul-betul dipakai untuk kegiatan produktif, jangan dipindahtangankan ke orang lain,” pintanya.

Sementara itu, Plt Gubernur Sulsel berterima kasih dengan penyerahan SK Hutan Sosial dan SK TORA. Ini menjadi penyerahan kesekian kalianya yang menjadi program strategis Presiden Jokowi.

“Alhamdulillah kita dapat 14.588,18 hektar untuk Hutan Sosial dan 2.253 hektar untuk Tanah Obyek Reforma Agraria atau TORA. Itu sangat-sangat berpotensi. Kita tentu berterima kasih atas program bapak Presiden,” katanya.

Ia berharap SK tersebut benar-benar memberikan manfaat nyata bagi masyarakat penerima dan pengelola. Salah satunya, dengan tetap memperhatikan kelestarian lingkungan hutan.

“Harapan kita sesuai arahan bapak presiden bahwa jangan diterlantarkan, dilakukan segera penanaman pohon jenis kayu dan yang bisa menghasilkan produktif,” pungkasnya.