Reformalisasi Anggaran Desa Untuk Ekologi, Bupati Maros Teken MoU Dengan Pinus Sulsel

Bupati Maros Chaidir Syam saat foto persama dengan Pinus Sulsel

Turikale, Marosnews.com – Bupati Maros H.A.S Chaidir Syam melakukan penandatanganan Memorandum Of Understanding (MoU) bersama Pilar Nusantara (Pinus) Sulsel, Selasa (26/10/2021).

Penandatanganan berkaitan dengan program transfer Anggaran Desa Berbasis Ekologi.

Direktur Pilar Nusantara Sulsel, Syamsuddin Awing menjelaskan, tujuan MoU untuk mengikat program transfer anggaran berbasis ekologi yang dikelola desa.

Read More

Syamsuddin menyebut selain Kabupaten Maros, pihaknya juga melakukan hal yang sama di Kabupaten Bantaeng.

“Hingga saat ini belum ada desa yang mereformalisasi anggaran desanya untuk ekologi. Makanya kami masuk untuk memberi pemahaman dan mengajak Kades untuk mengelola anggarannya dan lebih peduli terhadap ekologi, alam dan bencana,” ujarnya.

Ke depan, kata dia, melalui MoU ini, Pinus akan melakukan Focus Group Discussion (FGD) dan workshop tentang dana desa.

“Intinya kelak akan ada perlindungan lingkungan yang dilakukan oleh desa. Mengingat desa adalah garis terdepan di masyarakat. Program ini bertujuan untuk mereformalisasi anggaran desa, supaya nanti ada anggaran khusus untuk perlindungan lingkungan atau tanggap bencana,” ungkapnya.

Sebelum itu dilakukan kata Syamsuddin, setidaknya harus ada Peraturan Bupati (Perbup) yang mengatur masa reformalisasi anggaran desa untuk ekologi.

Dengan Perbup tersebut, bisa menjadi payung hukum kepala desa dalam refomalisasi anggaran ekologi.

“Di dalamnya juga akan mengatur permasalahan dan pengolaan sampah, ekowisata, menjaga sumber air, jasa lingkungan. Banyak desa yang tinggal di kawasan hutan, namun mereka tidak menganggarkan untuk melestarikan kawasan tersebut,” terangnya.

Sementara itu, Bupati Maros Chaidir Syam menambahkan, pihaknya menyambut baik MoU tersebut.

Chaidir Syam menyebutkan akan meminta Kepala Desa untuk menganggarkan sekitar 4 persen dari anggaran desa untuk penanganan ekologi di setiap desa.