Mandai, Marosnews.com – Pemerintah Desa (Pemdes) Tenrigangkae, Kecamatan Mandai Kabupaten Maros menggelar berbagai macam lomba dalam menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 dan HUT Desa Tenrigangkae Ke-59, Sabtu (12/08/2023).

Kepala Desa Tenrigangkae, Wahyu Febri mengatakan perlombaan digelar selama 10 hari kedepan, dimulai sejak hari Kamis 10 Agustus sampai Minggu 20 Agustus 2023 mendatang.

“Perserta yang mengikuti kegiatan ini berasal dari 5 Dusun yang ada Desa Tenrigangkae yakni, Dusun Bombongi, Bugis, Padaelo, Tinggito dan Makkaraeng,”kata Wahyu Febri.

Selain menyambut semarak kemerdekaan, kegiatan lomba ini juga sebagai salah satu bentuk membangun rasa tanggung jawab dan silaturahmi diantara masyarakat Desa.

Dalam kegiatan ini juga masyarakat dapat bertukar pikiran dan menambah wawasan pengetahuan tentang pemerintahan, kebangsaan dan kemerdekaan.

“Kegiatan ini untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan kita dalam merebut kemerdekaan Indonesia tahun 1945 lalu. Dengan kegiatan ini mudah-mudahan dapat menumbuhkan rasa semangat kebersamaan serta kekompakan masyarakat dalam membangun Desa dan Bangsa yang maju serta mandiri,”kata Wahyu Febri.

Adapun lomba yang digelar oleh Desa Tenrigangkae diantaranya tarik tambang, balap karung, makan kerupuk, ertafet sarung, balap kelereng, estafet tepung, pecah balon, kait baskom, tusuk balon, joget balon, senam, memasak, balap motor gabah, sepak bola minimal, pukul bantal, asing-asing dan jalan santai.