Selain Bangun Fasilitas Fisik TMMD Ke-112 Juga Berikan Layanan Kesehatan Gratis Ke Warga

Satgas TMMD Kodim 1422 Maros saat memberikan pelayanan kesehatan

Marosnews.com – Tidak hanya membuka rintisan jalan dan membangun fasilitas rumah ibadah serta MCK, Satgas TMMD Kodim 1422/ Maros juga memberikan pelayanan kesehatan gratis bagi warga di Desa Bonto Matinggi dan Desa Bonto Manurung, Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Maros.

Komandan Kodim 1422/Maros Letkol Inf Budi Rahman mengatakan ada beberapa petugas kesehatan yang tergabung dalam Satgas TMMD ke- 112 di wilayah pelosok Maros.

” Ada 3 orang petugas kesehatan dari Kodim Maros yang kita turunkan ke lokasi TMMD di Kecamatan Tompobulu, mereka rutin memeriksa kesehatan prajurit maupun warga setempat tanpa dipungut biaya,” Jelas Letkol Inf Budi Rahman.

Read More

selama dilokasi kegiatan para Personel Satgas TMMD ini wajib memeriksakan kesehatan lantaran mereka dihadapkan dengan tugas berat dan cukup menguras tenaga.

Baca juga : Sasaran TMMD Ke -112 di Maros, Buka Akses Jalan Desa Terisolir

” Sebelum mengawali kegiatan fisik di sasaran, tim satgas TMMD ini diperiksa kesehatannya karena setiap harinya mereka dihadapkan dengan tugas yang berat dan pastinya menguras tenaga, begitupun dengan warga yang ikut membantu,” Kata Budi Rahman kepada wartawan.

Sementara itu petugas kesehatan Poliklinik Kodim 1422/Maros, Pelda Syamsul Bahri menceritakan, sejak dibukanya TMMD ke-112 di Maros, mereka selalu aktif memberikan pelayanan kesehatan kepada personel Satgas maupun masyarakat di lokasi sasaran.

” Secara bergantian kami rutin menemani dan melayani Tim Satgas TMMD serta masyarakat yang ingin berobat. Bagi yang mempunyai keluhan dan mengalami sakit kita memberikan pertolongan pertama, berupa obat serta pencegahannya,”Terang Pelda Syamsul Bahri.

Tidak hanya itu sesekali para petugas kesehatan juga berkeliling kampung untuk melakukan cek kesehatan sembari menanyakan keluhan masyarakat pelosok.

” Sesekali kita berkeliling dari rumah ke rumah untuk melakukan cek kesehatan sembari menanyakan keluhan warga sekitar, Alhamdulillah respon mereka sangat baik, kami juga mensosialisasikan bagaimana cara menjalani pola hidup yang bersih dan sehat,” Katanya.

Baca juga : Pra TMMD Kodim 1422 Maros Digelar Lebih Awal, Ini Tujuannya

Pelda Syamsul Bahri menambahkan, di tengah pandemi COVID-19 saat ini, warga tentu harus banyak tahu dan banyak melakukan sesuatu terkait protokol kesehatan.

” Sekarang masih dalam situasi pandemi, selain memeriksa kesehatan warga kita juga membagikan masker dan mengajak mereka untuk selalu disiplin prokes, kami berusaha mengubah cara berpikir warga desa yang mungkin masih cuek dan meremehkan virus ini, hingga benar-benar tersadar bahwa virus corona sangat berbahaya,” Tambahnya

Sementara itu, Kasma (30) salah satu warga yang memeriksakan kesehatan menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Satgas TMMD. Selain membangun desanya, prajurit TNI juga berperan aktif dalam mengatasi kesulitan masyarakat khususnya masalah kesehatan.

” Alhamdulillah kami sangat senang, selain diberi obat dan vitamin, kami juga diberitahukan cara untuk hidup bersih dan sehat serta cara mencegah penyebaran virus corona. Hal ini sangat membantu, di mana kami diberikan pelayanan kesehatan secara langsung dan tidak perlu susah payah untuk berjalan ke puskesmas yang letaknya di kota kecamatan,”Singkat warga tompobalang.