Siap-Siap! Pemkab Maros Akan Tempatkan Dua Perawat di Setiap Desa

Turikale, Marosnews.com – Program “Gerakan Membangun Desa Tangguh, Sehat dan Inovatif” atau Gerbang Sehati, dilaunching Bupati Maros AS Chaidir Syam dan Wakilnya Suhartina Bohari, Rabu (17/3/2021) di Gedung Baruga B Kantor Bupati Maros.

Dalam program tersebut, Chaidir Syam dalam sambutannya mengatakan, akan menempatkan dua perawat di setiap desa. Hal ini dilakukan untuk memaksimalkan pelayanan kesehatan di tengah-tengah masyarakat.

Baca juga : Anggaran Penanganan Covid Pemkab Maros Dipotong Pemerintah Pusat

Read More

Mantan Ketua DPRD Maros itu juga menjelaskan,  dalam programnya tersebut, dia akan memberikan fasilitas alat transportasi bagi perawat yang bertugas di desa dalam menjalankan tugasnya.

“Dalam program Gerbang Sehati ini, perawat yang ditugaskan akan diberi kendaraan operasional. Kendaraan yang diberikan tergantung medan. Kalau misalnya aksesnya jalan beton maka dikasi motor matic, tapi kalau akses jalannya sulit bolehlah motor trail,” ungkap Chaidir.

Selain memberikan fasilitas kendaraan bagi perawat, Chaidir Syam juga berjanji akan membenahi seluruh Poskesdes yang ada di setiap desa. Menurutnya, salah satu permasalahan yang terjadi saat ini adalah kurangnya fasilitas di Poskesdes sehingga membuat petugas tidak betah saat bertugas.

Baca juga : Pemkab Maros Gelar Musrenbang di Lokasi Wisata

“Poskesdes juga akan dibenahi. Ini salah satu permasalahan perlu mendapat perhatian. Bahkan saya pernah melihat ada Poskedes di Kecamatan Marusu hanya ditempati kambing bukan perawat atau bidan. Kenapa bisa seperti itu, karena tidak ada fasilitas di dalamnya. Inilah yang ingin dimaksimalkan agar Poskesdes bisa difungsikan dengan baik,” ujarnya.

Program Gerbang Sehati dilaunching Bupati dan Wakil Bupati Maros bertepatan dengan perayaan HUT PPNI ke-47 yang digelar PPNI Kabupaten Maros.

Kegiatan ini turut dihadiri anggota DPRD Sulsel Irfan AB, Ketua Tim Penggerak PK Maros Ulfiah Nur Yusuf Chaidir , Plh Dinas Kesehatan Maros Muhammad Yunus, serta Ketua DPD PPNI Maros Hasan Rahim. (BAH)