Turikale, Marosnews.com – Bupati Maros AS Chaidir Syam, Wakil Bupati (Wabup) Suhartina Bohari dan Sekertaris Daerah Andi Davied Syamsuddin secara bergantian menyerahkan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) kepada para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkup Pemkab Maros.

Penyerahan DPA berlangsung di Ruang Pola Kantor Bupati Maros, Rabu (3/1/2024).

Adapun DPA ini merupakan rujukan setiap OPD dalam melaksanakan kegiatan dalam satu tahun. DPA ini berisi tahapan uang persediaan atau ganti uang (UP/GU), tambah uang (TU) dan belanja langsung (LS) berdasarkan arus kas. Setelah penyerahan DPA ini, setiap OPD sudah bisa melaksanakan program kerjanya sesuai yang anggaran yang tertera di DPA.

Bupati Chaidir menyebut ada tiga OPD yang paling besar anggarannya. “Tiga OPD yang anggarannya palinng besar adalah Dinas Pekerjaan Umum, Tata Ruang, Perhubungan dan Pertanahan (PUTRPP), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan Dinas Kesehatan,”sebutnya.

“PUTPR sendiri ada sekitar Rp 400-an miliar, Dinas Pendidikan Rp460 Miliar dan Dinas Kesehatan juga sama sekitar Rp400-an miliar,” tambahnya.

Mantan Ketua DPRD Maros ini mengatakan, untuk ketiga OPD tersebut program yang dilaksanakan merupakan program yang berkelanjutan dari tahun sebelumnya. Beberapa jembatan di Kecamatan Camba dan Tompobulu, masjid menjadi fokus pembangunan serta perbaikan jalan masih menjadi prioritas.

“Kalau Dinas Kesehatan kita fokus pada penyelesaian pembangunan Rumah Sakit Camba yang tahun ini kita anggarkan sebesar Rp 43 Miliar. Pembangunan kita percepat karena tahun ini memang kita target selesai karena kami tidak mau meninggalkan program yang tidak selesai mengingat periode kami berakhir tahun ini,” bebernya.