Upacara Peringatan HUT RI Ke-76 di Maros Berlangsung Sederhana Dengan Prokes Ketat

Marosnews.com – Momentum Upacara peringtan HUT RI ke-76 dan Detik – Detik Proklamasi Kemerdekaan digelar di Lapangan Palantikang Kabupaten Maros, Selasa pagi 17/08/21.

Dalam peringatan HUT Kemerdekaan ke-76 RI yang mengusung tema ” Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh” ini, Bupati Maros, H.AS Chaidir Syam bertindak sebagai Inspektur upacara dan Kapten Czi Mappawari Danramil 03 Camba Kodim 1422 Maros, bertindak sebagai Komandan Upacara.

Peringatan HUT Kemerdekaan ke 76 RI di Kabupaten Maros tahun ini digelar secara berbeda, Sebab dimasa pandemi Covid-19 ini, tak hanya digelar dengan penerapan protokol kesehatan (Prokes), namun juga digelar secara terbatas.

Read More

Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan, Hj Andi Darmawati Sukiman mengatakan pelaksanaan upacara detik-detik peringatan HUT ke 76 RI digelar terbatas.

“Undangan dibatasi hanya dihadiri 100 orang saja” Ungkapnya.

Sedangkan untuk pasukan pengibar bendera (Paskibra) merah putih, kata dia, hanya ada 17 orang saja.

“Kita betul-betul menerapkan protokol kesehatan Covid-19 dengan undangan terbatas, tetap menjaga jarak dan mengenakan masker,” Jelasnya.

Sementara itu Bupati Maros, HAS Chaidir Syam mengatakan ini merupakan peringatan HUT Kemerdekaan RI kali kedua dilaksnakan dalam kondisi pandemi Covid-19.

Sehingga kata dia, pelaksanaannya betul-betul dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

“Mari kita jadikan semangat hari kemerdekaan tahun ini, sebagai motivasi untuk menyatukan kekuatan guna menjaga dan tetap mendorong agar kita semua mampu bertahan dalam situasi pandemi ini,” jelasnya.

Baca juga : Dandim 1422 Maros Hadiri Upacara Detik – Detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke 76 Tahun

Dia berharap dihari kemerdekaan ini semangat para pejuang yang terdahulu bisa diteladani.

“Mudah-mudahan dengan peringatan HUT ke 76 RI, semangat pejuang kita terdahulu yang membela bangsa hingga merdeka, bisa kita teladani. Sehingga dengan semangat itu kita yang sedang berjuang melawan virus yang tak nampak bisa segera terlewati,” ungkapnya.

Dia juga mengatakan dengan semangat kemerdekaan yang dimiliki ini bisa memerangi penyebarluasan pandemi Covid-19.

“Ini harapan kita dimasa pandemi. Kita semua berharap perekonomian kita kedepan semakin tumbuh sesuai tema yang kita canangkan “Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh,” katanya.

Dia juga mengatakan peringatan HUT RI kali ini pun digelar dengan Prokes Covid-19.

“Peserta atau undnagan yang hadir juga kita batasi, Termasuk pengibar bendera. Kita hanya menggunakan pasukan Paskibraka 17. Padahal sebelum pandemi Covid-19 ada pasukan 17, 8 dan 45. Tapi dimasa pandemi Covid-19 kita kurangi agar tidak berkerumun,” tegasnya.