Wabup Suhartina Bohari Mulai Kegiatan Jelajah Literasi Sekolah di Kacamatan Lau

Wakil Bupati Maros Hj Suhartina Bohari saat membuka road show Jelajah Literasi di SD 48 Bontokapetta (foto : ist)

MAROS – Bunda Literasi Kabupaten Maros, Hj Suhartina Bohari, memulai kegiatan Jelajah Literasi Sekolah di Kecamatan Lau, Senin (7/3/2022).

Jelajah literasi di Kecamatan Lau tersebut dipusatkan di SD 48 Bontokapetta dengan menghadirkan kepala sekolah SD dan SMP dari dua kecamatan, yakni Kecamatan Bontoa dan Lau.

“Dalam rangka mensosialisasikan gerakan literasi ke siswa sekolah, kami akan melakukan road show ke 14 kecamatan dengan mengundang kepala sekolah SD dan SMP. Untuk teknisnya, kita gabung saja untuk kecamatan terdekat, kita mulai dari Kecamatan Lau yang digabung dengan kecamatan Bontoa,” ungkapnya.

Read More

Wakil Bupati perempuan pertama Maros itu juga menyampaikan jika gerakan literasi Kabupaten Maros bertujuan untuk kesejahteraan.

“Karena masyarakat yang literate akan memiliki pemahaman yang baik, pengetahuan yang luas, dan berdaya saing dalam kehidupan ini; memiliki pemahaman kebudayaan yang baik sehingga lahir manusia unggul yang paham budaya dan tata krama; memiliki kemampuan hidup di era modern dengan pemanfaatan teknologi informasi dalam dunia digital; serta kemampuan mengatur finasial untuk merencakanan masa depannya,” paparnya.

Lebih lanjut perempuan yang akrab disapa Hati itu juga menyampaikan jika gerakan literasi memang identik dengan membaca, namun ia menyebut jika membaca hanya menjadi salah satu bagian dari literasi.

“Ada 7 cakupan besar literasi, bukan hanya membaca, tapi mulai dari literasi baca tulis, literasi numerasi, literasi finansial, literasi sains, literasi budaya, literasi digital dan terakhir literasi lingkungan,” ujarnya.

Terakhir, ia mengapresiasi sekolah SD Bonto Kapetta yang sudah mengaplikasikan langsung literasi finansial, dimana setiap siswa sudah memiliki buku tabungan.

“Ini sangat kita apresiasi, para siswa sudah memiliki buku tabungan sendiri. Tentu ini adalah bentuk pengaplikasian literasi finansial,” pungkasnya.

Jadwal jelajah literasi perdana digelar pada Senin 7 Maret 2022 di Kecamatan Lau dan Bontoa. Selanjuntya hari Selasa 8 Maret 2022 ada 3 kecamatan, yakni Cenrana, Camba, Mallawa.

Hari Rabu 9 Maret 2022, ada 2 kecamatan, yakni Simbang dan Bantimurung, Hari Kamis 10 Maret 2022, Marusu dan Mandai, lanjut Selasa 15 Maret 2022 di Kecamatan Maros Baru dan Turikale dan terakhir untuk Kecamatan Tanralili, Tompobulu dan Moncongloe rencana akan digelar pada Rabu 16 Maret 2022.