Marosnews.com – Universitas Hasanuddin (Unhas) mengumumkan daftar mahasiswa yang lulus seleksi Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (ONMIPA-PT) tingkat kampus.

Sebanyak 42 orang mahasiswa dinyatakan lulus dan akan mewakili Unhas di ONMIPA tingkat wilayah Sulawesi Selatan yang dilaksanakan pada bulan Mei 2023. Mereka akan mengikuti empat bidang studi yang diperlombakan, yaitu matematika, fisika, kimia dan biologi.

Adapun 42 mahasiswa tersebut berasal dari berbagai fakultas, di antaranya fakultas MIPA, Kedokteran, Farmasi, Teknik, dan Kedokteran Gigi.

ONMIPA merupakan lomba tingkat mahasiswa yang mengujikan bidang studi matematika, fisika, kimia dan biologi. Perlombaan ini diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Kegiatan ONMIPA-PT ini merupakan salah satu ajang talenta jenjang pendidikan tinggi yang bertujuan untuk mengembangkan kreativitas dan inovasi mahasiswa di bidang Matematika dan IPA.

Pelaksanaan ONMIPA-PT tahun 2023 dilaksanakan secara daring di tingkat wilayah dan luring di tingkat Nasional.

Sebelum berlomba ke tingkat wilayah, menurut WR I Unhas Prof. Muhammad Ruslim,  mahasiswa Unhas yang lulus seleksi akan diberikan pendampingan dan pelatihan agar dapat tampil maksimal hingga ke tingkat nasional.