Arab Saudi Siap Terima Jamaah Haji, Kemenag Maros : Kita Sudah Lakukan Persiapan

Foto : Jemaah Haji Sulsel di Asrama Haji Sudiang Makassar (Dokumen)

Turikale, Marosnews.com – Pemerintah Arab Saudi melalui Kementerian Haji dan Umrah menyampaikan bahwa pihaknya sudah siap menerima jemaah haji dari negara-negara di luar Arab Saudi.

Dalam keterangan resmi Kementerian Agama RI, Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq F. Al-Rabiah menyampaikan hal tersebut meski kuota tidak akan sama seperti sebelum pandemi.

“Jumlah kuota tidak akan sama seperti sebelum pandemi. Namun, Arab Saudi tahun ini siap menerima jemaah haji luar negeri dan persiapan terus dilakukan,” ungkap Tawfiq seperti dikutip dalam keterangan resmi Kemenag RI, Senin (21/3/2022).

Read More

Kemenag Maros

Menanggapi hal itu, Kepala Kemenag Maros, Abd Hafid M Talla, menyampaikan bahwa telah menerima informasi tersebut.

Namun diakuinya keputusan tersebut belum bersifat final.

“Ini keputusan belum final, karena keputusan akhir bergantung pada pemerintah Arab Saudi. Tapi kita sudah mengantisipasi yang terbaik untuk calon jamaah haji kita, yang masuk dalam daftar pemberangkatan tahun ini,” bebernya.

Lebih lanjut, Hafid menjelaskan terbukanya kesempatan ibadah umrah belum lama ini, merupakan angin segar bagi pemberangkatan haji tahun ini. Olehnya itu pihaknya mulai melakukan antisipasi dengan melakukan persiapan.

“Kita sudah melakukan proses persiapan pemberangkatan bagi calon jamaah haji di kabupaten. Walaupun kita tidak bisa menjanjikan keberangkatan, karena keputusan akhir itu tergantung Kemenag pusat dan Arab Saudi,” sebutntya.

Untuk beberapa persiapan yang dilakukan kata Hafid yakni salah satunya pemeriksaan kesehatan bagi calon jamaah haji.