Capaian PAD Triwulan Pertama Pemkab Maros Turun

Turikale, Marosnews.com – Pemkab Maros melakukan rapat evaluasi capaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) triwulan pertama, Rabu (24/3/2021).

Dalam rapat tersebut dilakukan evaluasi terhadap beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang  menghasilkan PAD untuk Kabupaten Maros.

Baca juga : Pemkab Maros Bidik WTP ke-8

Read More

Wakil Bupati Maros Suhartina Bohari mengemukakan berdasarkan pemaparan beberapa OPD, terjadi penurunan  pencapaian PAD di triwulan pertama. Hal ini disebabkan karena pandemi Covid-19 dan juga kondisi cuaca.

“Di triwulan pertama ini terjadi penurunan PAD karena ada OPD yang tidak capai target. Meski begitu, beberapa OPD telah mencapai target 50 persen. Kondisi ini masih dimaklumi, karena memang saat ini situasi sangat sulit sejak pandemi,” sebut Suhartina.

Baca juga : Dibuka Bupati, Latsar CPNS Maros Akan Digelar Bertahap

Suhartina mengungkap, bahwa untuk Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, capaian PAD nya paling rendah, yakni 2,74 persen. Dari target sebesar Rp 9,5 miliar, hanya terealisasi sebesar RP 261,4 juta.

Selanjutnya untuk Dinas Pengelolaan dan Pendapatan Daerah, beberapa poin sudah mencapai target dan beberapa poin lainnya masih menyesuaikan. Seperti pada poin pajak hiburan, pencapaian PAD berada pada presentase 62,85%.

Baca juga : Anggaran Penanganan Covid Pemkab Maros Dipotong Pemerintah Pusat

Sementara untuk Dinas Kesehatan presentase pencapaiannya 12,01 persen. Dengan target pencapaian Rp 27,8 miliar hanya terealisasi sebesar Rp. 3,34 miliar.

Terkait capaian di triwulan pertama itu, Suhartina mengaku masih memaklumi capaian OPD. namun di triwulan kedua semua OPD harus bekerja maksimal untuk mencapai target.

“Di triwulan kedua semua OPD harus bekerja maksimal agar mencapai target”, pungkasnya. (Ami)