Chaidir Syam Minta Pendamping Desa Bersinergi Lakukan Pemutakhiran Data IDM

Turikale, Marosnews.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maros melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) bersama pendampimg Desa, Selasa (31/3/2021).

Pelaksanaan rakor dibuka langsung Bupati Maros AS Chaidir Syam, didampingi Wakil Bupati Suhartina Bohari, serta Kepala Dinas PMD Maros.

Baca juga : Wabup Maros Pantau Pelaksanaan Vaksin di Pasar Tradisional

Read More

Chaidir Syam dalam sambutannya mengemukakan, pelaksanaan rakor penting untuk mengetahui berbagai persoalan di Desa, termasuk dalam melakukan sinkronisasi kegiatan pembangunan di Desa.

“Rakor sangat penting untuk mengetahui berbagai persoalan di Desa. Ini tujuannya agar bisa mempercepat proses pembangunan di Desa”, ungkap Chaidir.

Lebih lanjut, Chaidir mengemukakan pendamping Desa memiliki peran strategis dalam mensukseskan pembangunan di Desa. Olehnya itu, mantan Ketua DPRD Maros ini berharapĀ  agar para pendamping Desa bersinergi dengan Pemkab dalam melakukan pemutakhiran data IDM (Indeks Desa Membangun) berbasis SDGs (Sustainable Development Goals).

Baca juga : Fakultas Kehutanan Unhas Teken MoU Pemanfataan Lahan Hutan Pendidikan Dengan Pemkab Maros

“Untuk 2021 ini, program Kabupaten Maros akan bersinergi dengan para pendamping Desa terkait dengan pemutakhiran data IDM. Dasar dari kegiatan ini adalah Permendes PDTT Nomor 13 Tahun 2020 tentang Prioritas Dana Desa 2021,” ungkap Chaidir.

Pemutakhiran data berbasis SDGs Desa adalah pemutakhiran data IDM yang lebih detil lagi, lebih mikro, sehingga bisa memberikan informasi lebih banyak. Sebagai proses perbaikan, ada pendalaman data-data pada level RT, keluarga, dan warga. (Ilo)