Kasus Covid-19 di Sulsel Melonjak Lagi

MAKASSAR – Kasus Covid-19 di Indonesia kembali melonjak. Hal ini juga berlaku di Sulawesi Selatan (Sulsel).

Di Sulsel pada 3 Februari 2022, kasus harian konfirmasi positif bertambah 106 kasus baru. Dengan demikian total kasus positif aktif sebanyak 332 orang atau 0,30%. Sementara angka kesembuhan berada pada posisi 97,76% (nasional 94,1%); angka kematian 2,04% (Nasional 3,3%).

Sekaitan dengan melonjaknya kembali kasus Covid-19, Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman mengimbau masyarakat untuk memperhatikan pentingnya protokol kesehatan.

Read More

“Penambahan kasus konfirmasi positif Covid-19 dalam beberapa hari terakhir mengalami peningkatan. Secara tegas dan perhatian khusus untuk seluruh Instansi Pemerintah, Swasta dan kepada wargaku yang tercinta di Sulsel, mari kita memperketat dan disiplin protokol kesehatan. Ingat 5M (memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan),” ungkap Andi Sudirman, Sabtu (5/2/2022).

Andi Sudiman mengajak masyarakat untuk segera melakukan vaksinasi dalam membentuk herd immunity ( kekebalan kelompok) sebagai salah satu langkah menekan penyebaran Covid-19.

“Mari kita melakukan percepatan vaksinasi. Pastikan diri telah mendapatkan vaksinasi. Vaksinasi merupakan ikhtiar kita dalam meningkatkan herd immunity,” pintanya.

Selain itu, Andi Sudirman juga menginstruksikan kepada Bupati/Walikota di Sulsel agar konsisten melakukan 3T. Yakni tindakan melakukan tes Covid-19 (testing), penelusuran kontak erat (tracing), dan tindak lanjut berupa perawatan pada pasien COVID-19 (treatment).

“Kita perlu melakukan kesiapsiagaan untuk menghadapi jika terjadi lonjakan kasus, dengan menyediakan tempat Fasilitas Isolasi Terintegrasi (FIT) atau Isoter. Selain itu, kita perlu kesiapan Rumah Sakit, baik dari tenaga kesehatan, penyediaan TT ICU, obat-obatan, oksigen, dan lainnya,” jelasnya.