Nelayan di Maros Terima Uang Saku Dari Bupati Usai Ikuti Pelatihan BST-KLM

Bontoa, Marosnews.com – Nelayan di Kabupaten Maros menerima uang saku dari Bupati Maros H.A.S. Chaidir Syam usai mengikuti Pelatihan Basic Safety Training – Kapal Layar Motor (BST-KLM), di Balai Diklat Perikanan Bontoa, Kamis (28/4/2022).

Sebelumnya, Pemkab Maros dan Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta Badan Pengembangan SDM Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan melakukan kerjasama dengan menggelar Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM).

Jenis diklat yang dilaksanakan adalah Basic Safety Training (BST) KLM dan SKK 60 Mil yang berlangsung selama 6 hari.

Read More

“Nelayan yang sudah mengikuti pelatihan diberikan sertifikat. Pelatihan ini merupakan kegiatan pemberdayaan bagi nelayan untuk melatih dan mengembangkan SDM masyarakat. Khususnya yang ada di Kecamatan pesisir Bontoa, Lau, Maros Baru dan Marusu,” katanya.

Bupati Chaidir berharap pelatihan mampu memberikan peningkatan kapasitas sebagai nelayan dan bekerja lebih safety.

Menurut Bupati, belajar dari pengalaman yang ada, tahun ini sudah dua kali kejadian nelayan asal Maros tenggelam dan memakan korban jiwa.

“Kita tidak pernah tahu kejadian apa yang akan terjadi di laut lepas. Untuk itu kita perlu antisipasi dengan memberikan pelatihan apa saja yang harus dilakukan saat ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi,” jelasnya.