Pariwisata Dirgantara Sulsel Masih Tertinggal Jauh Dari Daerah Lain

Ilustrasi (int)

MAKASSAR – Sulawesi Selatann(Sulsel) dinilai sangat tertinggal jauh dari daerah lain terkait pengelolaan pariwisata dirgantara. Hal ini dikatakan Kepala Dinas Potensi Dirgantara (Kadispotdirga) Lanud Sultan Hasanuddin, Kolonel Teknik Lodewijk Makitulung, saat membahas pengembangan potensi wisata dirgantara bersama Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadispudpar) Sulsel, Prof Muhammad Jufri.

“Dari sisi TNI AU kami melihat bahwa Sulsel sudah jauh tertinggal dari daerah-daerah lain dalam hal pengelolaan pariwisata dirgantara, padahal wilayah Sulsel mempunyai potensi wisata yang sangat bagus,” ujar Lodewijk.

“Pengembangan olahraga dan wisata kedirgantaraan di Sulsel adalah pilihan yang sangat tepat karena beberapa wilayah memiliki dataran tinggi dan sangat cocok untuk kegiatan paralayang, gantole dan paramotor. Ini bisa membantu program Pemerintah Daerah dalam mendongkrak pariwisata,” tambahnya.

Read More

Dalam kesempatan ini, Lodewijk juga mengungkapkan jika dalam pengembangannya, pihak Lanud Sultan Hasanuddin dalam waktu dekat ini akan menggelar festival dirgantara di Kabupaten Pinrang.

“Beberapa waktu lalu kami juga berkoordinasi dengan dinas terkait di Kabupaten Pinrang untuk menggelar sebuah event bertajuk Festival Dirgantara Bumi Lasinrang 2022. Harapan kami, kita semua dapat berkolaborasi dalam mewujudkan agenda tersebut dan menjadi contoh untuk penggelaran di daerah-daerah lain,” ungkapnya.

Sementara itu, Kadisbudpar Sulsel juga sangat mendukung langkah TNI AU dalam membantu pengembangan wisata di wilayah Sulsel melalui olahraga dirgantara. Bahkan pihaknya mendukung jika event yang akan digelar Lanud Sultan Hasanuddin bisa terlaksana di Kota dan Kabupaten lainnya.

“Event tersebut menjadi awal yang baik dalam memajukan pariwisata Sulsel. Dan semoga bisa dijadikan agenda rutin tahunan yang diselenggarakan di wilayah-wilayah lainnya untuk membantu meningkatkan sektor pariwisata,” tutupnya.

Sebelumnya, Lanud Sultan Hasanuddin diwakili Kepala Dinas Potensi Dirgantara (Kadispotdirga), Kolonel Teknik Lodewijk Makitulung, menyambangi Kadisbudpar Sulsel, Prof Muhammad Jufri pada Rabu (19/01/2022).

Selain membahas pengembangan wisata kedirgantaraan, kunjungan tersebut untuk mengenalkan tugas dan fungsi Dispotdirga Lanud Sultan Hasanuddin dalam berperan membantu program-program Pemerintah Daerah melalui pembinaan potensi kedirgantaraan. (Rls Lnd)