Turikale, Marosnews.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maros akan menjalin kerja sama dengan Departemen Geofisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Hasanuddin (FMIPA Unhas) terkait pembuatan pangkalan data pertanian berbasis artificial intelligence.

Kerjasama tersebut terkait upaya meningkatkan ketahanan pangan di Kabupaten Maros. Dimna dalam kerja sama ini akan dibuat pangkalan data pertanian berbasis artificial intelligence yang diharapkan akan memudahkan pemerintah dalam melakukan perencanaan program-program pertanian kedepannya.

Pangkalan data dinilai sangat penting melihat potensi yang dimiliki oleh Kabupaten Maros yang merupakan salah satu lumbung padi terbesar di Sulawesi Selatan.

Pembicaraan rencana kerja sama ini dibahas saat tim Departemen Geofisika FMIPA Unhas bersama Bappeda, Kadis Pertanian dan Tanaman Pangan, Dinas PMD, dan Kadis Sosial, melakukan audiensi di ruang rapat Bupati Maros H.A.S. Chaidir Syam, Jumat (20/01/2022).

Diakhir audensi, Bupati Maros Chaidir Syam menyatakan dukungan penuhnya terhadap program tesebut dan mengintruksikan kepada Dinas terkait untuk mewujudkan program tersebut dalam waktu dekat.