MAROS – Kementerian Sosial (Kemensos) RI menyalurkan bantuan logistik kebencanaan kepada Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Maros. Bantuan ini merupakan pemenuhan kebutuhan mendasar dalam kesiapsiagaan bencana.

Bantuan tersebut diterima langsung oleh Bupati Maros H.A.S Chaidir Syam bersama Kepala Dinas Sosial Kabupaten Maros, Nuryadin, di depan Kantor Dinsos, Senin (7/2/2022).

Bantuan logistik Ini merupakan respon cepat dari Kemensos pada Pemkab Maros setelah melakukan kunjungan beberapa waktu lalu.

“Beberapa hari lalu kami melakukan kunjungan ke Kemensos, alhamdulillah mendapat respon yang baik. Kami menyampaikan beberapa hal tentang program-program penanganan bantuan sosial atau kebencanaan di Kabupaten Maros,” ungkap Chaidir Syam.

Bantuan logistik kebencanaan tersebut, kata Chaidir Syam akan dimasukkan ke gudang logistik. Ketika terjadi bencana, akan langsung dikerahkan.

“Saya sudah sampaikan ke Tagana, PKH, PKSK, dan semua komponen, saat ini kita tidak boleh diam. Ketika terjadi bencana, kita harus 1 × 24 jam sudah ada di lokasi tersebut untuk memberikan bantuan,” sebutnya.

Sementara itu Kepala Dinsos, Nuryadi mengungkap, ini merupakan bantuan tahap pertama. Dalam waktu dekat bantuan tahap dua akan sampai ke Kabupaten Maros.

“Untuk tahap satu ada 9 item bantuan, perahu karet 1 unit, tenda gulung 100 lembar, selimut 100 lembar, makanan anak 120 paket, makanan siap saji 300 paket, matras 100 lembar, popok bayi 100 paket, dan pembalut wanita 100 paket,” sebutnya.

Bupati Maros H.A.S Chaidir Syam saat mengecek bantuan logistik kebencanaan

Untuk bantuan tahap dua, Nuryadi mengaku pihaknya telah mengajukan beberapa item peralatan kebencanaan.

“Semoga tidak ada halangan, tidak lama lagi bantuan tahap dua akan menyusul. Item peralatan kebencanaan yang kami telah ajukan untuk tahap dua ada mobil dapur lapangan, tenda lapangan, perlengkapan dan peralatan kebencanaan lainnya,” pungkas Nuryadi.