Turikale, Marosnews.com – Sebanyak 10 Perpustakaan Desa mendapatkan bantuan komputer. Bantuan ini diserahkan langsung Bupati Maros H.A.S Chaidir Syam dan Wakil Bupati Suhartina Bohari usai pelaksanaan apel pagi di Lapangan Pallantikang, Senin (25/05/2023).

Penyerahan bantuan komputer tersebut merupakan komitmen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maros dalam mendukung Perpustakaan Desa sekaligus merupakan upaya menjadi Maros sebagai Kabupaten Literasi.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Maros, Amiludin mengatakan bantuan itu merupakan bantuan Komputer Replika Mandari Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS) 2023.

“Saat ini kita tengah mendorong perpustakaan berbasis inklusi sosial. Ini sangat dibutuhkan dalam pemulihan ekonomi masyarakat,” ujarnya.

Lebih lanjut, Amiludin menjelaskan keberadaan perpustakaan bukanlah sekadar ruang untuk menyimpan buku, tapi lebih dari itu. Menurutnya, perpustakaan saat ini telah bertransformasi menjadi inklusif, menjadi ruang publik bagi masyarakat untuk berlatih secara kontekstual, berlatih keterampilan dan berbagi pengalaman.

“Dengan digitalisasi berupa bantuan komputer, perpustakaan berbasis inklusi akan tercipta. Perpustakaan berbasis inklusi ini bukan lagi sekedar sebagai ruang membaca saja, tetapi masyarakat juga memiliki wadah untuk berkegiatan ekonomi mikro demi peningkatan kesejahteraannya,” ujar Amiludin.

Sejalan dengan itu, Chaidir Syam mengatakan melalui Perpustakaan Desa yang berbasis inklusi masyarakat bisa membangun cognitive skill-nya. Menurutnya, hal ini akan mecegah kemiskinan ekstrem di masa depan.