Resmikan Fasum di Kampung Palangga, Bupati Maros : Dulunya Berlumpur, Sekarang Alhamdulillah

Bupati Maros H.A.S Chaidir Syam saat meresmikan fasum di Kampung Palangga (foto : istimewa)

MANDAI, MAROS – Sejumlah fasilitas umum (fasum) seperti jalan paving blok, sarana mandi,cuci dan kakus atau MCK serta tandon air bersih di Kampung Palangga, Kelurahan Bontoa, Kecamatan Manda, diresmikan Bupati Maros H.A.S Chaidir Syam.

Ikut mendampingi Bupati Maros dalam peresmian tersebut yakni Camat Mandai A Razak, Lurah Bontoa Mandai M Ilham Halimsyah, para RW dan RT, serta Babinsa dan Bhabinkamtibmas.

Usai meresmikan fasilitas umum, Bupati Maros Chaidir Syam bersilaturahmi dan berdialog dengan tokoh masyarakat dan warga.

Read More

Warga Kampung Pallangga menyampaikan rasa syukur atas hadirnya sejumlah fasilitas di kampungnya dan berterima kasih atas perhatian Bupati Maros.

Lurah Bontoa Mandai, Ilham Halimsyah menyampaikan, pembangunan akses jalan berupa jalan paving blok di kampung ini merupakan swadaya masyarakat yang diinisiasi pihak kelurahan.

“Kemudian pemerintah daerah membangun 13 sarana MCK dan 2 buah tandon air bersih,” ujarnya.

Ilham melanjutkan, dulu jalan yang ada hanya setapak tanah yang berlumpur saat musim hujan, apalagi kampung Pallangga ini merupakan wilayah terluar Kelurahan Bontoa Mandai di antara area persawahan.

“Saat musim kemarau air di wilayah ini terasa payau sehingga dengan adanya tandon air, kebutuhan air bersih warga dapat terpenuhi,” tambahnya.

Sementara Bupati Maros Chaidir Syam menceritakan pengalamannya saat berkunjung di Kampung Palangga beberapa tahun lalu, saat itu kondisi jalan susah dilalui kendaraan karena kandas akibat lumpur.

“Sekarang, Alhamdulillah akses jalan sudah bagus dan bisa memperlancar arus transportasi warga dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Akses dari jalan poros Maccopa – Barambang juga sudah jalan beton,” ungkapnya.

Mantan Ketua DPRD Maros ini mengajak masyarakat agar hidup sehat, dengan adanya fasilitas MCK, warga terhindar dari penyakit dan pencemaran lingkungan dengan tidak lagi buang air besar sembarangan. Apalagi warga sudah bisa mendapat air bersih.