Tindak Lanjuti Inpres Jokowi, Pemkab Maros Launching Program ASN BerAKHLAK

Turikale, Marosnews.com – Menindak lanjuti instruksi Presiden (inpres) Joko Widodo terkait implementasi core values ASN BerAKHLAK, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maros langsung bergerak cepat.

Pemkab Maros resmi meluncurkan program ASN berAKHLAK di Gedung Serbaguna Pemkab Maros, Kamis (24/3/2022). Peluncuran program dipimpin langsung Bupati Maros H.A.S Chaidir Syam.

Adapun BerAKHLAK memiliki arti Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.

Read More

Dalam sambutannya, Bupati Maros Chaidir Syam menjelaskan, peluncuran program ASN BerAKHLAK juga bertepatan dengan launching lima program prioritas kerja nyata Presiden 2019-2024. Menurutnya, peluncuran tersebut juga menjadi apresiasi penuh terhadap kinerja ASN Pemkab Maros.

“Ini juga bentuk apresiasi kita terhadap ASN atas kerja kerasnya dalam mengabdi untuk bangsa dan kembali menyegarkan nilai-nilai dasar seluruh ASN di Indonesia, khususnya di Pemkab Maros,” bebernya.

Bupati Chaidir menyebut masing-masing nilai dasar tersebut memiliki panduan perilaku atau kode etik. Seperti, berorientasi pelayanan yang dimaksudkan untuk memahami kebutuhan masyarakat.

“Ini harus diterapkan di setiap pelayanan-pelayanan publik, misalkan seperti keramahan, cekatan atau lincah, kreatif, solutif dan dapat diandalkan. Ini juga akan terus dievaluasi ke depannya,” ujarnya.

Mantan Ketua DPRD Maros itu berharap semua pihak bekerja sama dalam mewujudkan ASN BerAKHLAK.

Acara peluncuran turut dihadiri Anggota DPRD Sulsel Irfan AB, Ketua DPRD Maros Andi Patarai Amir, Kepala Kejari Maros Suroto, Perangkat Daerah dan seluruh Camat.

Di akhir kegiatan, juga dilaksanakan penandatanganan dan penyematan pin kepada seluruh Forkopimda terkait launching core values ASN BerAKHLAK.