Taman Baca dan Perpustakaan Digital Hadir di Depan Kantor Camat Mandai Maros

MAROS – Bupati Maros H.A.S Chaidir Syam, didampingi Bunda Baca Maros Ulfiah Nur Yusuf Chaidir, meresmikan Taman Baca dan Perpustakaan Digital di depan Kantor Camat Mandai, Rabu (9/2/2022).

Kehadiran Taman Baca dan Perpustakaan Digital tersebut merupakan inisiasi Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Maros, bekerja sama Pemerintah Kecamatan Mandai dan PT Angkasa Pura. Hal ini dilakukan untuk mendorong budaya literasi di Kabupaten Maros.

Dalam kesempatan ini, Bupati Maros Chaidir Syam menyampaikan apresiasinya.

Read More

“Saya sangat senang dan mengapresiasi kehadiran Taman Baca dan Perpustakaan Digital ini. Tentu dengan kehadirannya maka semakin banyak yang bergerak mendukung gerakan Literasi di Kabupaten Maros,” bebernya.

Di sisi lain, Chaidir mengakui gerakan literasi juga membutuhkan suntikan gairah membaca, karena Kabupaten Maros kembali menjadi percontohan sebagai Kabupaten Literasi.

“Maros juga punya Peraturan Daerah (Perda) literasi yang menjadi penggerak minas baca masyarakat,” katanya.

Mantan Ketua DPRD Maros tersebut menjelaskan kalau Pemda Maros saat ini konsen terhadap perwujudan literasi yang produktif yang hingga kini mencapai 51 persen generasi muda minat baca.

“Harapannya, melalui program ini seluruh elemen saling support dan mendukung ruang baca yang ada ditiap kecamatan, kelurahan dan desa. Semoga gerakan ini bukan sekadar simbolis tapi kedepan terus ditingkatkan lagi,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua KNPI Maros Herwan mengatakan mencintai buku-buku sangat penting dan menjadi satu keharusan bagi generasi pelanjut di masa-masa yang datang dalam membangun negeri ini.

Tak hanya membaca buku, para pengunjung juga dapat menikmati stand UMKM yang ada disekitar taman baca.

“Saat tidak hujan, di sini juga sering diadakan diskusi dan bedah buku yang dilakukan oleh DPD KNPI Maros dan OKP-OKP Maros. Bahkan kami juga masih sering melakukan Gerakan Donasi Buku”, ucap Herwan.