TMMD Ke-112 di Maros Akan Menyisir Desa Terisolir di Tompobulu

Marosnews. com – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) kembali akan digelar di Kabupaten Maros, yang akan dipusatkan di kecamatan Tompobulu.

Paparan kesiapan TMMD ke-112 dan rencana strategi pemenangan lomba karya jurnalistik TMMD ke-112 di wilyah Kodam XIV Hasanuddin tahun anggaran 2021, dihadiri oleh Wakil Bupati Maros Hj Suhartina Bohari, Ketua DPRD Maros HA Patarai Amir dan Komandan Kodim 1422 Maros, Kamis 19/8/2021.

Dalam paparannya, Dandim Maros Letkol Inf Budi Rahman mengatakan, TMMD ke-112 di Maros akan mencakup dua desa di kecamatan Tompobulu yakni Desa Bontomanai dan Desa Bontomanurung.

Read More

“Pembangunan rintisan jalan yang  akan menghubungkan Desa Bontomanai dan Bontomanurung sepanjang 2 km lebih, disana masih ada masyarakat yang terisolir karena tidak adanya akses jalan yang memadai, kalaupun ada hanya jalan setapak yang dilewati oleh motor trail,” ujarnya.

Selain pembangunan rintisan jalan, akan dilakukan pembangunan masjid desa dan pembangunan MCK di Desa Bontomanai serta rehab ringan masjid dan MCK di Bontomanurung.

Baca juga : Dandim 1422 Maros Hadiri Upacara Detik – Detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke 76 Tahun

Letkol Budi Rahman menambahkan, nantinya rintisan jalan ini akan menjadi jalur pemotong terdekat dari Bandara Sultan Hasanuddin menuju kawasan wisata Malino di kabupaten Gowa.

“Kami juga memastikan jalur yang dibuka ini membelah kawasan hutan, namun diluar dari hutan lindung sehingga tidak mengganggu dan merusak hutan”, jelasnya.

Sementara itu, Wabup Maros Hj.Suhartina Bohari mengatakan, Pemkab Maros siap mendukung kegiatan TMMD di Maros, Pemkab akan mengalokasikan anggaran sebesar 1 Miliar untuk pembangunan rintisan jalan.

“Awalnya kami mengalokasikan anggaran sebesar 1,5 Miliar namun ada refocusing dan koreksi anggaran akibat covid sehingga berkurang menjadi 1 Miliar”, paparnya.

Suhartina mengaku program TMMD ini sangat bermanfaat dan membantu pemerintah daerah karena sasaran programnya berada di daerah yang terisolir dan sulit dijangkau.

TMMD ke-112 akan berlangsung dari tanggal 15 September sampai 14 Oktober 2021 mendatang.