Marosnews. com – Wakil Bupati Maros, Suhartina Bohari, resmikan Kampung Menjahit di Tompobalang Kelurahan Kalabbirang Kecamatan Bantimurung Maros, Kamis, 02/09/2021.

Kampung Menjahit adalah percontohan pembangunan keterampilan vokasi untuk sebuah kampung.

Suhartina berharap, kampung HIT dapat menciptakan produk yang menarik dan unik. Sebab jika produknya bisa diterima dengan baik oleh pasar, maka itu akan menjadi berkah bagi masyarakatnya.

Ia pun mengajak para perempuan untuk mengambil peran aktif dan menjadi pendorong kemajuan di Kampung Menjahit tersebut.

Baca juga : Bupati Maros Apresiasi Kinerja Dinas Pariwisata Karena Berperan Aktif Tingkatkan Mutu Pariwisata

Sementara itu Kadis Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Amiruddin saat dikonfirmasi mengatakan, dirinya yakin Kampung HIT akan cepat hits. Sebab, dibangun di wilayah yang sebelumnya memang sudah ada balai latihan kerja komunitas menjahit. Tinggal ditularkan ke masyarakat sekitar agar bisa terbangun komunitas yang lebih besar lagi.

Menurutnya, langkah inovatif ini menjadi salah satu solusi pihak pemerintah mengatasi masalah ketenagakerjaan di kabupaten Maros.

Kampung HIT ditargetkan jadi salah satu ikon Kabupaten Maros dan penciptaan lapangan kerja berbasis komunitas. Nantinya konsep tersebut akan diadopsi juga desa dan kecamatan lain, namun bidangnya tidak mesti menjahit tapi bisa saja kampung bahasa, kampung otomotif, kampung tas, atau kampung komputer, tergantung kecenderungan masyarakat di wilayah masing – masing.

Disnakertrans Kabupaten Maros pun siap memfasilitasi kebutuhan komunitas. Terutama dalam memberi bekal keterampilan vokasi agar masyarakat bisa memproduksi barang atau jasa yang diterima pasar.