Bank Sampah Hingga Pembuatan TPA Regional Digagas Untuk Tangani Persoalan Sampah di Maros

MAROS – Bank Sampah akan diluncurkan pada bulan Februari 2022 mendatang. Terobosan ini dilakukan untuk menjawab keluhan warga terkait minimnya fasilitas pembuangan sampah di pedesaan.

Bupati Maros H.A.S Chaidir Syam mengatakan persoalan sampah saat ini memang sudah harus mendapat perhatian khusus.

“TPA (tempat pembuangan akhir) kita di Bontoramba Mandai saat ini sudah overload. Makanya perlu ada perluasan sekaligus memperbaiki manajemen persampahan,” kata Chaidir Syam, Selasa (25/1/2022).

Read More

Selain itu, Chaidir juga mengajak masyarakat untuk mengurangi produksi sampah dengan cara memilah-milah sampah yang baik.

“Armada pengangkut sampah juga akan ditambah. Rencananya ada dua unit mobil tambahan tahun ini. Tahun sebelumnya, berjumlah empat unit. Jadi total armada sampah tahun ini sebanyak enam unit,” ujarnya.

Chaidir menuturkan, TPA Bontoramba di Kecamatan Mandai yang luasnya 6 hektare akan diperluas 1 hingga 2 hektare.

Proses perluasan kata dia, saat ini sedang dalam proses negosiasi dan pembayaran.

Selain perluasan TPA Bontoramba, mantan Ketua DPRD Maros ini juga menyampaikan rencana Pemkab akan membangun TPA Regional di Cemara (Kecamatan Camba, Mallawa dan Cenrana).

“Pemkab sudah merencanakan membangun TPA Regional untuk melayani sampah di tiga kecamatan, yakni Camba, Cenrana dan Mallawa,” pungkasnya.