Wabup Maros Berencana Jadikan Mallawa Sebagai Kota Kopi

Wakil Bupati Maros Suhartina Bohari saat melakukan penanaman bibit kopi (Foto : Istimewa)

Mallawa, Marosnews.com – Dinas Pertanian Provinsi Sulawesi Selatan menyerahkan bantuan 149 ribu pohon bibit kopi untuk ditanam di Kecamatan Mallawa dan Tompobulu Kabupaten Maros. Penyerahan dan penanaman bibit kopi secara simbolis dilakukan di Desa Barugae, Kecamatan Mallawa, Kabupaten Maros, Kamis (7/6/2022).

Wakil Bupati (Wabup) Maros Suhartina Bohari yang turut hadir dalam penyerahan dan penanaman bibit kopi di Desa Baruga itu mengatakan, pihaknya berencana menetapkan Kecamatan Mallawa sebagai Kota Kopi di Kabupaten Maros.

Bertemu langsung dengan para petani, Suhartina mengungkapkan bahwa Pemerintah Daerah (Pemda) melalui Dinas Pertanian sudah memfasilitasi petani dengan membentuk asosiasi petani kopi dengan berbagai progres item yang akan dicapai dengan kesepakatan bersama.

Read More

“Saya melihat Maros itu 14 kecamatan, dengan visi misi kami bahwa kemarin itu setiap desa harus punya satu komodistas unggulan, sehingga saya menetapkan bahwa Mallawa kita tetapkan sebagai kota kopi khusus kabupaten maros,” katanya.

Lanjut disampaikannya, bagi siapa pun nantinya yang ingin menikmati kopi di Maros wajib ke Kecamatan Mallawa yang sebentar lagi juga akan dijadikan sebagai objek wisata kopi, kebun kopi, dan menjadi sarana edukasi kopi untuk masyarakat yang ingin mempelajari terkait kopi secara detail.

Melalui pertemuan ini, Suhartina pun berpesan sebelum bibit kopi tersebut berbuah, agar sebisa mungkin para petani ini dibina terlebih dahulu agar nanti pada saat memasuki masa panen bisa menikmati hasil yang maksimal.