Warga Taroada yang Buat Aliran Iman Tilaco Menunggu Proses Cerai

A Sulaiman, pencetus aliran Iman Tilaco

Turikale, Marosnews.com – Warga Kelurahan Taroada, Kecamatan Turikale, Kabupaten Maros, A Sulaiman, membuat heboh setelah menyebarkan surat yang menyatakan dirinya membuat aliran kepercayaan bernama Iman Tilaco.

Setelah ditelusuri, belakangan diketahui A Sulaiman ternyata memiliki latar belakang gangguan jiwa.

“Yang bersangkutan ini mengantongi surat pasien dari Rumah Sakit Dadi (rumah sakit jiwa) di Kota Makassar. Sekarang posisinya di rumah singgah,” kata Kadis Sosial Maros Prayitno, Jumat (21/5/2021).

Read More

Sulaiman saat ini tengah berada di Rumah Singgah Dinsos Maros. Menurut Prayitno, jika dilihat sekilas, Sulaiman memang tampak normal dan tidak sedang mengalami gangguan jiwa.

Baca juga : Selamat! Pemkab Maros Raih WTP ke-9 Dari BPK RI

“Kalau diajak bicara dia terlihat seperti orang normal pada umumnya. Dia saat ini kita tempatkan di sini (rumah singgah). Saat ini dia juga tengah menunggu proses cerai dari istrinya,” lanjutnya.

Untuk diketahui, surat pembuatan aliran kepercayaan dibuat dan diteken oleh Sulaiman sendiri. Surat itu ditujukan ke sejumlah pihak, mulai Presiden, Mendagri, Kapolri, hingga Bupati Maros.

Dalam surat itu, Sulaiman menyatakan dirinya telah keluar dari agama Islam dan hendak membentuk aliran kepercayaan bernama Iman Tilaco. Dia juga memerinci awal mula dia beragama Islam hingga maksud mendirikan Iman Tilaco.

Sementara itu, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Maros, Sulawesi Selatan, Syamsu Khalik menanggapi viralnya sebuah surat aliran kepercayaan baru yang disebut Iman Tilaco.

“Saya belum mendalami. Tapi yang jelasnya kalau ajarannya itu keluar dari rukun Islam dan Iman jelas sudah tidak benar,” kata Khalik.

Khalik menduga, munculnya keyakinan itu bisa disebabkan karena adanya depresi yang mendalam. Ia pun berencana akan berdialog dengan Sulaiman untuk kembali meluruskan keyakinannya itu. (Afs)