Penyembelihan Sapi Kurban di Kelurahan Bontoa Mandai Capai 10 Ekor Per RW

Lurah Bontoa M Ilham Halimsyah (pakai jas) saat mengunjungi salah satu lokasi penyembelihan sapi kurban di wilayahnya

Mandai, Marosnews.com – Pelaksanaan Idul Adha di Kabupaten Maros pada Minggu (10/7/2022) disambut antusiasme oleh warga dengan melakukan penyembelihan hewan kurban. Tingginya antusiasme warga pada perayaan Idul Adha kali ini, juga berdampak pada banyaknya penyembelihan hewan kurban di tingkat RT/RW.

Seperti di Kelurahan Bontoa Kecamatan Mandai Misalnya, pemotongan hewan kurban yang dilakukan oleh warga di kelurahan ini rata-rata 10 ekor per RW. “Jadi di Kelurahan Bontoa ini ada 8 RW dan 45 RT, tiap RW itu ada yang melakukan penyembelihan sapi kurban sampai 13 ekor. Kalau dirata-ratakan tiap RW itu melakukan penyembelihan sapi kurban 10 ekor,” ungkap Lurah Bontoa, M Ilham Halimsyah kepada Marosnews.com, Minggu (10/7/2022).

Ilham Halimsyah mengungkapkan, secara keseluruhan, penyembelihan sapi kurban di wilayah Kelurahan Bontoa mencapai 100 ekor. “Kalau data yang masuk di kelurahan memang tidak sampai 100 ekor, hanya sekitar 50 an ekor sapi. Tapi kalau diakumulasi dengan yang tidak melapor di kelurahan, itu ada 100 ekor sapi kurban yang disembelih warga,” jelasnya.

Read More

Tingginya antusiasme warga melakukan penyembelihan hewan kurban di wilayahnya, membuat Ilham Halimsyah dibantu Babinsa setempat harus bekerja ekstra mengunjungi tiap RT/RW yang melakukan penyembelihan sapi kurban. Ini dilakukan untuk memastikan tidak adanya hewan kurban yang terjangkit penyakit mulut dan kuku atau PMK.