Tingkatkan Kemampuan Tempur Pasukan, Kopasgat Terjunkan Puluhan Personel di Lanud Sultan Hasanuddin

Penerjunan Puluhan Personel Kopasgat (foto : istimewa)

MAROS – Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat) dari Wing Komando II Kopasgat, Batalyon Komando (Yonko) 466 Kopasgat dan Detasemen Pertahanan Udara (Denhanud) 472 Kopasgat, menerjunkan puluhan pasukannya di Lanud Sultan Hasanuddin, Jum’at (18/02/2022).

Penerjunan dimaksudkan untuk melakukan penyegaran sekaligus meningkatkan kemampuan tempur para pasukan baret jingga tersebut. Hal itu juga menjadi wahana bagi para pilot dan kru pesawat C-130 Hercules Skadron Udara 33 Wing 5 Lanud Sultan Hasanuddin untuk meningkatkan pengalaman terbang dalam rangka menunjang pelaksanaan tugas operasi dukungan udara.

Menggunakan pesawat bernomor registrasi A-1332, pasukan tempur kebanggaan TNI AU ini, dibagi menjadi 2 sortie untuk melakukan penerjunan statik sejumlah 99 orang, dan 2 sortie untuk penerjunan Free Fall dengan jumlah peterjun 19 orang.

Read More

Selain memiliki kemampuan tempur, Kopasgat juga mumpuni dalam hal perebutan dan pertahanan pangkalan udara. Karenanya, Danlanud Sultan Hasanuddin Marsma TNI David Yohan Tamboto, sangat mendukung pelaksanaan terjun penyegaran (Jungar) ini.

“Sebagai pasukan tempur TNI AU, para prajurit Kopasgat wajib selalu menjaga kemampuan dan kualifikasinya. Salah satunya adalah kemampuan terjun dari ketinggian tertentu yang pastinya memiliki kesulitan tersendiri dan membutuhkan latihan secara berkelanjutan dalam upaya kesiapsiagaan mempertahankan dan menjaga wilayah kedaulatan NKRI,” kata Danlanud di sela-sela waktunya.

Ditambahkan pula bahwa dengan peningkatan kemampuan tempur Kopasgat, kemampuan dukungan udara air crew pesawat angkut berat C-130 Hercules dan kemampuan Lanud Sultan Hasanuddin dalam pengoperasian satuan jajarannya, menjadi satu kesatuan kekuatan dalam mendukung tugas pokok TNI AU.