Mandai, Marosnews.com – Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Maros menggelar Sosialisasi Museum di aula Kantor Lurah Bontoa Kecamatan Mandai, Selasa (13/12/2022).

Kegiatan ini dibuka langsung Bupati Maros H.A.S. Chaidir Syam sekaligus menyampaikan materi dalam sosialisasi ini. Dalam pemaparannya, Bupati Chaidir menyampaikan bahwa museum merupakan wadah untuk menjaga dan melestarikan peninggalan sejarah dan budaya masa lalu. Karena itu penting bagi masyarakat untuk mengetahui dan memahami sejarah dan budaya, bukan fisik saja tetapi nilai-nilai yang terkandung dalam kebudayaan.

“Museum adalah tempat untuk mempelajari dan merawat Cagar Budaya yang ada di Kabupaten Maros, diharapkan generasi muda sebagai kaum milenial mengetahui budaya dan sejarah yang ada di daerah kita,” ujarnya.

Pentingnya memahami budaya dan sejarah dinilai Bupati Chaidir karena Maros merupakan pusat peradaban masa lampau, hal ini berdasarkan adanya lukisan tertua di sejumlah gua dan temuan arkeologi berupa kerangka manusia dan alat-alat rumah tangga dari batu.

Sosialisasi ini bertujuan memperkenalkan dan meningkatkan minat pengunjung untuk datang ke Museum daerah sehingga diharapkan menambah wawasan serta melestarikan kebudayaan berikut peninggalan benda bersejarah yang ada di Museum Daerah Kabupaten Maros.

TACB Maros juga mengajak masyarakat yang memiliki benda atau barang yang bernilai sejarah bisa memajang di museum untuk menambah koleksi museum daerah.